Membedakan Samsung Dex dan Link to Windows di Galaxy Note20 Series

Senin, 07 September 2020 - 22:33 WIB
loading...
Membedakan Samsung Dex dan Link to Windows di Galaxy Note20 Series
Samsung Galaxy Note20 Series membawa fitur Samsung DeX dan Link to Windows yang cukup sering tertukar fungsinya. Meskipun keduanya memiliki pengaplikasian yang cukup berbeda. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Samsung Electronics Indonesia mengklaim Galaxy Note20 Series hadir sebagai penunjang produktivitas para penggunanya. Handphone flagship ini memiliki kemampuan maksimal secara spesifikasi maupun fitur-fitur yang ditawarkan. (Baca juga: Selamat Tinggal OS Android, Huawei Luncurkan Ponsel OS Harmony Tahun Depan )

Contohnya, fitur Samsung DeX dan Link to Windows yang cukup sering tertukar fungsinya. Meskipun keduanya memiliki pengaplikasian yang cukup berbeda.

“Selain menghadirkan peningkatan dari sisi spesifikasi untuk memastikan performa yang optimal pada setiap perangkat Samsung Galaxy kami, kami juga senantiasa menghadirkan quality of life improvement untuk setiap fitur-fitur pada Samsung Galaxy Note20 Series," kata Taufiqul Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Hal ini dilakukan Samsung untuk menghadirkan pengalaman penggunaan terbaik bagi para konsumennya. Fitur Samsung DeX dan Link to Windows merupakan dua fitur yang dapat meningkatkan kemudahan pengguna untuk semakin meningkatkan produktivitas mereka.

Pengalaman Layaknya Dekstop
Samsung Desktop Experience atau lebih dikenal dengan Samsung DeX kini mengalami peningkatan. Samsung kini menggunakan teknologi wireless, sehingga Galaxy Note20 Series sudah dapat dihubungkan dengan SmartTV manapun yang mendukung teknologi Miracast.
Membedakan Samsung Dex dan Link to Windows di Galaxy Note20 Series

"Semakin memudahkan Anda menghubungkan perangkat Samsung dengan perangkat SmartTV manapun," tambah Taufiqul.

Meskipun demikian, Samsung DeX berbeda dengan screen mirroring. Di mana Screen Share membuat Anda memproyeksikan layar Galaxy Note20 Series anda ke SmartTV. Sementara Samsung Dex membuat SmartTV menjadi layar kedua, sementara Anda menggunakan Galaxy Note20 Series sebagai touchpad, atau untuk membuka aplikasi lainnya.

Pada praktiknya, Samsung DeX sendiri memiliki fungsi yang beragam. Selain mempermudah Anda untuk melakukan multitasking, seperti menonton video memasak pada YouTube yang ditampilkan pada layar SmartTV.

"Sedangkan Anda mencatat daftar belanja dan cara memasak dengan menggunakan Samsung Notes, hingga melakukan presentasi dihadapan rekan maupun klien," ujar Taufiqul.

Semua itu dapat pengguna lakukan dengan seamless tanpa perlu adanya kabel tambahan. Anda cukup mengakses menu DeX, temukan SmartTV yang ingin dikoneksikan, dan izinkan perangkat Galaxy Note20 Series menampilkan konten pada menu yang muncul pada layar SmartTV. Dan, selamat Anda sudah dengan sukses mengkoneksikan SmartTV anda dengan Samsung DeX.

Link to Windows
Persamaan Link to Windows dengan Samsung DeX hanyalah pada teknologi wireless yang digunakan. Namun, ketimbang menghubungkan perangkat Galaxy Note20 Series dengan SmartTV seperti Samsung DeX, Link to Windows dihubungkan dengan perangkat desktop berbasis Windows10. Secara fungsi, Link to Windows membawa pengalaman menggunakan perangkat Galaxy Note20 Series ke perangkat desktop.
Membedakan Samsung Dex dan Link to Windows di Galaxy Note20 Series

Pengaplikasiannya selain memberikan kemampuan untuk mentransfer konten-konten yang ada pada Galaxy Note20 Series ke desktop (atau sebaliknya), Link to Windows juga dapat digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi-aplikasi pada perangkat Galaxy Note20 Series. Antara lain, SMS dan MMS, WhatsApp, Instagram, Game, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menautkan aplikasi favorit pada Galaxy Note20 Series ke desktop/laptop berbasis Windows10. Ini semakin mempermudah pengguna untuk mengakses aplikasi tersebut dikemudian hari. Hal ini tentu saja memudahkan Anda bekerja menggunakan desktop/laptop berbasis Windows10.

“Setiap fitur yang dimiliki oleh produk terbaru dari Samsung, berdasarkan dari hasil dari riset penggunaan, insight serta feedback dari para konsumen kami. Konsumen merupakan bagian terpenting bagi Samsung, sehingga selalu berusaha untuk menyajikan pengalaman penggunaan terbaik, agar setiap konsumen kami dapat menikmati perangkat Galaxy yang mereka cintai, lebih jauh lagi," pungkas Taufiqul. (Baca juga: Tol Cisumdawu Ditargetkan Rampung Akhir 2021 )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2709 seconds (0.1#10.140)