Humanis dan Berani Modal, TikTok Tertanam Kuat dalam Masyarakat Amerika

Selasa, 08 September 2020 - 05:59 WIB
loading...
Humanis dan Berani Modal, TikTok Tertanam Kuat dalam Masyarakat Amerika
TikTok akan sulit terusir dari daratan Amerika Serikat karen sudah tertanam kuat di tengah-tengah masyarakat AS. Foto/Ist
A A A
WASHINGTON - Bloomberg baru saja menerbitkan laporan berjudul "Dihadapkan dengan larangan Trump , TikTok China mengakar dalam budaya Amerika". (Baca juga: Mendiang Malik Fajar Dikenal Inovatif dan Tegas )

Laporan tersebut menyatakan TikTok melakukan bisnis yang tertanam dalam di masyarakat Amerika. Apa yang mereka lakukan, sekaligus menyediakan mata pencaharian bagi ribuan bintang baru di Amerika Serikat. Karena itu akan lebih sulit untuk mencabutnya dari Amerika Serikat.

Bagaimana TikTok Membantu Blogger Muda?
James Henry yang terkenal membuat video lucu dan menari di aplikasi video pendek TikTok, menerima email dari tim relasi kreator aplikasi ini pada musim gugur 2019 lalu. Dalam email tersebut, dia ditanya apakah tertarik untuk bekerja dengan penyanyi Mariah Carey untuk TikTok.

Secara khusus, James ditanya apakah dia tertarik membuat beberapa video untuk mempromosikan lagu Natal 'All I Want for Christmas is You'.

Henry segera memanfaatkan kesempatan itu. Segera setelah itu, dia merekam video di sebuah rumah besar di West Hollywood. Perusahaan rekaman Mariah Carey membayar untuk pembuatan filmnya. Tetapi kesepakatan ini juga memiliki nilai bagi TikTok, yakni kesetiaan. "Ini memberi saya perasaan bahwa saya ingin tetap menggunakan aplikasi ini," kata James.

TikTok, aplikasi milik ByteDance, telah membina tim pendukung muda yang berani mengutarakan pendapatnya di Amerika Serikat. Mereka bekerja di belakang layar untuk mengubah pencipta menjadi superstar, mempersenjatai mereka dengan kesepakatan merek dan perkenalan dengan pialang kekuasaan Hollywood.

Pendekatan ini merupakan kelanjutan dari upaya sebelumnya dari platform sosial Instagram dan Vine untuk menjalin hubungan dengan influencer. TikTok baru saja mulai menginvestasikan ratusan juta dolar untuk membantu para bintangnya menghasilkan uang. Ini adalah hal-hal yang tidak dapat dilakukan Instagram dan Facebook selama bertahun-tahun.

Brett Bruen, mantan pejabat Gedung Putih yang bertanggung jawab atas kontak global dalam Pemerintahan Obama, mengatakan, upaya mengusir aplikasi berbagi video pendek ini telah meningkatkan pengaruh TikTok terhadap budaya Amerika, dan ini bukan kebetulan.

Dia percaya China dan ByteDance terlibat dalam permainan jangka panjang. "Itu semua adalah strategi lokalisasi, yang memungkinkan Anda tidak hanya mencapai relevansi tetapi juga rasa hormat. Pendukung paling efektif untuk perusahaan Anda dan untuk keputusan kebijakan adalah pemberi pengaruh lokal dan mitra lokal tersebut," katanya.

Presiden AS Donald Trump sendiri telah memerintahkan ByteDance untuk menjual aset TikTok di Amerika Serikat. Trump juga mengancam akan melarang penggunaan aplikasi tersebut jika kesepakatan tidak dapat dicapai dalam beberapa pekan ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3698 seconds (0.1#10.140)