Dituduh Edarkan Lagu Bajakan via iTunes, Apple Digugat

Selasa, 31 Maret 2020 - 12:01 WIB
Dituduh Edarkan Lagu Bajakan via iTunes, Apple Digugat
Dituduh Edarkan Lagu Bajakan via iTunes, Apple Digugat
A A A
CUPERTINO - Apple digugat karena dituduh mengedarkan lagu pop dan jazz ilegal di platform musik mereka iTunes Store.

Dilansir dari laman Apple Insider, Selasa (31/3/2020), pihak pengguat terdiri dari SA Music, The Harold Arlen Trust, Ray Henderson Music Co dan Four Jays Music Company.

Mereka melayangkan tuduhan kepada Apple dan distributos musik Adasam Limited di pengadilan distrik Northern DIstrick of California.

Adasam yang merupakan distributor musik di Inggris, dituduh menjual lagu-lagu era 1920-1960an yang mereka dapatkan tanpa izin resmi dan mereka tidak memiliki hak untuk mengedarkan rekaman tersebut.

Salah satu lagu yang mereka tuduh ilegal adalah "Stormy Weather" dari Lena Horne yang dijual seharga 99 sen oleh Adamsam. Padahal, RCA yang memegang lisensi untuk lagu tersebut menjual di iTunes seharga 1,29 dolar.

Penggungat menilai Apple terlibat dalam kasus ini karena mereka terikat kontrak dengan Adamsam untuk mengedarkan katalog ilegal di iTunes Store.

Dalam beberapa kasus, lagi-lagu bajakan ditawarkan untuk elegitimasi lagu duplikat yang ditawarkan sebuah label rekaman.

"Apple memiliki pengetahuan aktual, atau sengaja memilih untuk mengabaikan, bukti pembajakan, dan berpartisipasi dalam pelanggaran dalam skala besar," ujar para penggugat.

Gugatan tersebut meminta ganti rugi serta larangan Apple dan Adasam, untuk menggunakan karya-karya tergugat yang dilanggar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1956 seconds (0.1#10.140)