Möbius, Perintis Revolusi Perbankan di Kenormalan Baru

Selasa, 08 September 2020 - 14:59 WIB
loading...
Möbius, Perintis Revolusi Perbankan di Kenormalan Baru
Andrew Tan, Group Managing Director Silverlake Axis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Silverlake Axis Ltd (SAL) mengumumkan peluncuran Möbius , platform perbankan terbuka berbasis cloud (cloud-native). Diluncurkan pada ajang Kongres Asian Financial Services (AFS) ke-16 di bulan Agustus kemarin, sesi Möbius dan diskusi sesudahnya dihadiri oleh 550 lembaga keuangan serta lebih dari 2.000 eksekutif bisnis, teknologi, dan operasional dari 17 negara. (Baca juga: BPK Ungkap Potensi Masalah Dalam Tata Kelola Program Jaring Pengaman Sosial )

Möbius merupakan platform perbankan terbuka (Open Banking Platform) strategis dari Silverlake yang memadukan kemampuan digital dalam menghadapi nasabah dengan pemrosesan core banking. Platform ini diklaim sudah terbukti. Perpaduan ini menciptakan platform aplikasi yang komprehensif yang sepenuhnya digital terpadu dan terbuka untuk perbankan komersial.

Möbius menandai untuk pertama kalinya Vendor Core Banking memadukan beragam kemampuan digital untuk menghadapi pelanggan guna menciptakan platform aplikasi komprehensif, terbuka, dan terpadu untuk perbankan komersial.

Dengan pencapaian Silverlake Axis melalui Möbius, para pelaku industri dapat membawa sistem core banking mereka ke dalam platform Möbius. Sehingga dapat mengintegrasikan seluruh operasional mereka dalam satu platform utama.

Industri perbankan, seperti industri lain, telah menghadapi, memahami, dan mempersiapkan diri untuk beroperasi di dunia yang sama sekali berbeda. Dalam diskusi utama di Kongres AFS -Choo Soo Ching, Managing Director Silverlake Digital Economy dan Cyrus Daruwala, Managing Director IDC Financial Insights, sependapat bahwa bank-bank di Asia akan menghadapi dunia baru ini dengan membuat dua rencana agresif untuk masuk ke pasar.

Pertama, membangun aliran pendapatan baru dengan menciptakan ekosistem yang terkonksi, memonetisasi data dan menjadikan perbankan (dan bekerja di bank) sebagai pengalaman yang sama sekali 'berbeda'. Kedua, mempercepat kemampuan digital mereka dengan menciptakan bank yang dinamis, lincah, dan terkoneksi. Dengan demikian, siap menghadapi berbagai guncangan sistemik yang bersifat global seperti saat ini.

Ketidakpastian dalam normal baru berdampak pada kecepatan dan tujuan pencapaian transformasi digital, serta menguji kelengkapan dan fleksibilitas platform core banking digital baru. Peluncuran MÖBIUS sangat tepat waktu karena platform Möbius menyediaan fungsionalitas perbankan yang kaya dari Silverlake dalam teknologi-teknologi modern berbasis cloud dan Open Source.

Möbius memungkinkan bank memadukan layanan pelanggan industri standar yang hasil kreasi Möbius dengan beragam layanan-yang dipersonalisasi, layanan ekosistem dan layanan disruptif inovatif yang dapat dikonfigurasi tanpa memerlukan coding lagi. Seluruh layanan ini dibangun oleh Möbius yang mendukung pengembangan oleh DEVOPS.

Seluruh pengembangan dilakukan berbasis container dan dioptimalkan untuk infrastruktur cloud yang dipilih bank, baik public, private atau pun hybrid.

Sebuah studi riset ekstensif yang dipimpin oleh IDC terhadap lebih dari 100 bank di kawasan ini telah memberi gambaran tentang urgensi perubahan ini. Dalam pidatonya di Kongres AFS, Andrew Tan, Group Managing Director Silverlake Axis mengakui sekarang adalah waktu terbaik bagi bank untuk secara strategis mengevaluasi dan mengubah system core banking dengan sistem yang lebih lincah, terkoneksi, dan siap digunakan di masa depan.

“Banyak bank mengatakan kepada kami bahwa mereka tengah memikirkan kembali model bisnis mereka dan siap melakukan apa pun agar bisa relevan, karena sekarang perekonomian dan industri mulai dibuka kembali,” kata Andrew.

Dia menambahkan, sebagai 'mitra' yang benar-benar berpengalaman dengan platform yang teruji dan terbukti, integrasi pengetahuan menjadi sangat penting pada tahap transformasi ini. (Baca juga: Pertama Kalinya, China Pajang Vaksin Covid-19 di Sebuah Pameran )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)