Waspada 6 Aplikasi Berbahaya ini Terinfeksi Malware Joker

loading...
Waspada 6 Aplikasi Berbahaya ini Terinfeksi Malware Joker
Ilustrasi Hacker. FOTO/ IST
NEW YORK - Peneliti dari firma keamanan siber Pradeo, menemukan ada 6 aplikasi pada Google Play Store yang terindeksi malware Joker.(Baca Juga:Ekonom Ini Preteli Kelemahan Omnibus Law buat Perekonomian Nasional)

Bahkan, keenam aplikasi ini telah diunduh lebih dari dari 2 ratus ribu kali unduhan.(Baca Juga:Mencari Jalan Obati Korban PHK, Erick Akan Buat Aturan Turunan RUU Cipta Kerja)

Enam aplikasiini adalah Convenient Scanner 2, Safety AppLock, Push Message-Texting & SMS, Emoji Wallpaper, Seperate Doc Scanner, dan Fingertips GameBox.

"Aplikasi yang terinfeksi itu kini telah dihapus di Google Play, tapi masih terpasang di perangkat pengguna yang sudah mengunduhnya,” ujar pihak Pradeo, dilansir dari Business Insider, Selasa (8/9/2020).



Malware Joker sendiri merupakan bot berbahaya yang menyimulasikan klik dan berisiko menyetujui SMS berlangganan premium tanpa izin pengguna.

Dengan menggunakan kode yang sedikit, aktivitas Joker sangat rahasia sehingga sulit dideteksi.

Pada tahun lalu, malware Joker ditemukan bersembunyi di ratusan aplikasi. Oleh karena itu para pengguna diminta untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi yang telah terinfeksi tersebut.



"Pengguna disarankan untuk segera menghapusnya dari perangkat, untuk menghindari aktivitas penipuan," jelas Pradeo.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR ANDA
preload video
Top