Divisi Khusus Aston Martin Garap Proyek Besar Pesanan Sosok Misterius

Kamis, 10 September 2020 - 15:15 WIB
loading...
Divisi Khusus Aston Martin Garap Proyek Besar Pesanan Sosok Misterius
Aston Martin Victor. Foto/dok
A A A
Q, divisi khusus modifikasi Aston Martin mendapatkan proyek besar dari salah satu konsumen paling kaya di dunia. Untuk sosok misterius itu, Q membuat sebuah mobil Aston Martin satu-satunya di dunia yang paling perkasa.

Jika BMW punya M dan Mercedes-Benz punya AMG, maka Aston Martin punya divisi khusus modifikasi resmi bernama Q. Di tangan Q, mobil-mobil Aston Martin dibuat lebih istimewa lagi guna menyesuaikan kebutuhan khusus konsumen mereka. (Baca: Kasus Positif Covid-19 Kian Mengkhawatirkan, Rumah Sakit di Ambang Kolaps)

Baru-baru ini Q telah menyelesaikan proyek yang sangat misterius. Tiba-tiba saja, mereka menghadirkan sebuah mobil bernama Aston Martin Victor. Tidak main-main, mobil ini merupakan mobil paling perkasa yang memiliki lambang Aston Martin. Total tenaganya mencapai 836 daya kuda dan puncak torsi mesin mampu mencapai 821 Nm.

Untuk mencapai tenaga sebesar itu, Q tidak melakukan jurus yang dilakukan oleh Ferrari, Lamborghini, dan McLaren, dengan memasang tenaga induksi seperti motor listrik. Mereka justru tetap menggunakan mesin konvensional V12.

Terdengar tidak asing? Ya, mesin itu digunakan oleh mobil Aston Martin lainnya, yakni Aston Martin One-77. Hypercar dari Aston Martin itu menggunakan mesin V12 dengan kapasitas silinder 7,3 liter tanpa turbo dan induksi tenaga lainnya. (Baca juga: Jokowi Minta Semua Pihak Merancang Ulang Pembinaan Atlet)

Aslinya mesin itu hanya mampu menggelontorkan tenaga sebesar 750 daya kuda dan torsi maksimal 722 Nm. Untuk mencapai tenaga 836 daya kuda dan torsi maksimal 821 Nm, Q memang mengajak perusahaan lain yakni Cosworth. Kolaborasi itu berhasil membuat Aston Martin Victor jadi satu-satunya Aston Martin yang paling bertenaga.

Secara literal memang satu-satunya. Pasalnya, Aston Martin hanya membuat satu unit Aston Martin Victor. Disebutkan oleh Aston Martin pembuatan mobil itu merupakan pesanan khusus seorang konsumen setia Aston Martin dari Belgia.

Nama Victor bukanlah nama sang pemesan mobil itu. Alih-alih nama itu diambil dari nama Victor Gauntlett, sosok istimewa Aston Martin yang berhasil mengangkat brand asli Inggris itu dari kebangkrutan.

Tidak hanya istimewa dari segi tenaga, dari segi tampilan mobil ini sangat mencuri perhatian. Desainnya sangat tidak biasa karena keluar dari pakem Aston Martin yang sudah sering kita lihat di film-film James Bond.

Desainnya yang tidak biasa itu bahkan mengingatkan pada desain mobil otot (muscle car) khas Amerika, Ford Mustang. Ini ditandai dengan hidung yang kukuh dan bagian buritan yang berotot. Nyatanya desain itu justru meniru desain mobil Aston Martin sendiri. (Baca juga: Lebih dari 1 Miliar Orang Beresiko Mengungsi pada 2050)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2557 seconds (0.1#10.140)