Kapal Angsa Menantang Pelancong Keliling Benua

Sabtu, 12 September 2020 - 11:02 WIB
loading...
Kapal Angsa Menantang Pelancong Keliling Benua
Desainer Italia Pierpaolo Lazzarini dari Lazzarini Design Studio telah meluncurkan gambar konsep untuk super yacht terbaru bernama Avanguardia. Foto/Lazzarini Design Studio
A A A
DESAINER Italia telah menciptakan gambar kapal supermewah yang dilengkapi helikopter, kapsul jet, dan tempat penyimpanan mobil. Ia merancang kapal yang menyerupai angsa, lengkap dengan fungsi leher yang bisa bergerak ke air.

Alat transportasi laut atau yang dikenal dengan sebutan kapal sering kali membuat kita tercengang dengan keindahan dan kemegahannya. Kapal seakan-akan bukan hanya alat transportasi, tetapi juga tempat untuk berlibur dengan pemandangan lautan luas. (Baca: Sektor Transportasi Darat masih Meraba PSBB Total ala Gubernur Anies)

Perkembangan teknologi kapal sering menjadi pembanding antara kapal satu dengan kapal lainnya. Namun, ada sesuatu yang jarang diketahui tentang siapa desainer di balik megahnya kapal-kapal itu.

Kali ini, desainer Italia Pierpaolo Lazzarini dari Lazzarini Design Studio telah meluncurkan gambar konsep untuk super yacht terbaru. Produk buatannya itu bernama Avanguardia, yang berarti “pelopor” dalam bahasa Inggris.

Kapal Angsa Menantang Pelancong Keliling Benua


Avanguardia memiliki tinggi 137 meter dengan bentuk menyerupai seekor angsa. Desain yang sangat elegan dan supermewah ini menjadi daya tarik semua orang untuk dapat merasakan perjalanan menggunakan kapal ini.

Setiap calon pemilik Avanguardia dapat mengendalikan kapal dari ”kepala angsa” yang berfungsi sebagai menara kontrol. Kepala kapal ini juga bisa di lepas sehingga dapat dimanfaatkan sebagai perahu terpisah yang berfungsi ganda, dengan maksud jika ingin melakukan tamasya sendiri saat berlabuh atau dalam keadaan darurat. Kepala kapal memiliki tinggi sekitar 15 meter. (Baca juga: WHO Peringatkan Dunia Lebih Siap untuk Pandemi Berikutnya)

Menara kontrol didukung dengan leher fleksibel yang menggunakan titik tumpu untuk memberikan berbagai gerakan penuh. Leher ini juga dapat bergerak untuk menurunkan kepala kapal ke air.

Super yacht pertama dari jenisnya ini memiliki leher yang ramping dan tubuh elegan dalam desain berlapis yang menarik. Lapisan tubuh kapal dimaksudkan untuk menyerupai sayap dan bulu angsa.

Avanguardia penuh dengan garis-garis mengalir dan lekukan halus yang memberinya siluet anggun seperti angsa pada kehidupan nyata. Keindahannya tidak akan bisa disamakan dengan kapal pesiar lain.

Avanguardia terbagi menjadi lima dek terpisah dan dapat memuat hingga 60 pelaut yang terdiri atas 24 tamu dan sisanya awak kapal. Artinya, kapasitas yang terbatas akan membuat suasana aman dan nyaman saat melakukan perjalanan dan lebih leluasa untuk bergerak. (Baca juga: Bela Yunani, Uni Eropa Siap Keroyok Turki dengan Sanksi)

Kapal raksasa ini dilengkapi landasan helikopter yang dapat menampung hingga dua helikopter. Helikopter dapat disimpan pada dua hanggar yang telah disediakan di dalamnya.

Kapal Angsa Menantang Pelancong Keliling Benua


Bukan hanya bisa menyimpan helikopter, Avanguardia juga dilengkapi dua kapsul jet yang terletak di belakang bawah kapal. Kapsul jet ini tergolong sebagai kapal mini yang dapat digunakan untuk berlayar di laut, seperti halnya pada bagian kepala kapal.

Seorang juru bicara Lazzarini mengatakan, kapal pesiar itu terinspirasi oleh manga Jepang 1970-an. Desain kapal yang modern dan supercanggih menjadi daya tarik desainer untuk membuat gambar kartun itu menjadi kenyataan.

“Selama berlayar kepala dapat menyesuaikan posisinya dengan menurunkannya di tengah tubuh megayacht, seperti angsa, lehernya berada di tengah sayap,” katanya, dikutip dari Dailymail.

Ia mengatakan bahwa pengerjaan kapal yang menyerupai angsa membutuhkan biaya sangat besar. Butuh seorang investor untuk membuat konstruksi bentuk dan bangunannya karena ini termasuk dalam biaya kategori penelitian.

“Avanguardia adalah latihan gaya yang bisa menjadi kenyataan dengan klien yang mampu menginvestasikan USD500 juta untuk konstruksi,” tambahnya. (Baca juga: Virus Corona Intai Pembalap Tour de France 2020)

Kapal Angsa Menantang Pelancong Keliling Benua


Super yacht ini menggunakan mesin jet Rolls-Royce yang merupakan salah satu produsen automotif berkelas dunia. Ia mampu menjelajahi laut dengan kecepatan mencapai 18 knot.

Untuk melengkapi kecanggihan dan kemewahannya, Avanguardia dilengkapi tempat penyimpanan mobil di dalamnya. Ini menjadikan kapal sangat ideal untuk mengangkut pelancong lintas benua.

Selain Avanguardia, ada beberapasuperyacht yang telah dimiliki parabangsawan seperti Azzam Yacht, HistorySupreme, Streets of Monaco, Eclipse danDubai Yacht. Masing-masing Yachtmemiliki ke -unggul an danciri khas.

Azzam Yachtmerupakan kapal pesiar dengan panjang180 meter. Proyek kapal ini dikerjakanoleh Mubarak Saad al Ahbabi. (Baca juga: Bantuan Paket Kuota Ditargetkan Minggu Depan Dikirim)

History Supreme adalah yachtsuperdengan harga sekitar Rp 60,08 triliun.Desainer asal Inggris Stuart Hughesmen dapatkan kepercayaan untuk me -ran cang yachtitu dan pembangunannyasendiri membutuhkan waktu tiga tahun.

Selanjutnya adalah Streets ofMonaco, kapal pesiar yang mereplikasebuah tempat sebagai identitas diMonaco. Kapal ini memiliki fasilitasbarbeque, air terjun mini dan kafe baryang unik, serta fasilitas helikopter.

Eclipse merupakan yachtmilik mi li a -der asal Rusia Roman Abramovich. Kapalini dilengkapi dengan keamanan canggihseperti alat deteksi penyusup, per ta han -an rudal dan jendela anti peluru.

Kapal pesiar telah mengalamipengembangan dan perubahan yangbegitu pesat. Jauh sebelum maraknyakapal pesiar megah dan mewah saat ini,dulu kita mengenal kapal Titanic.Titanic merupakan kapal terbesar didunia pada pelayaran perdananya.

Titanic dibangun tahun1909 hingga 1911 olehgalangan kapal Harland andWolff di Belfast, IrlandiaUtara. Kapal ini sanggupmengangkut 2.224penumpang. (Lihat videonya: Razia Masker, Banyak Pengendara Motor Nekat Kabur)

Sayangnya, kapal inimemiliki umur yang sangatsingkat. Bagaimana tidak,Titanic baru memulaipelayaran perdana tanggal 10April 1912 dan pada sabtumalam, 14 April 1912, kapaltersebut menabrak gununges. Sejarah mencatat bahwatanggal 15 April 1912 dikenalsebagai hari kelam dalamsejarah pelayaran. (Fandy)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)