Tanda Bahaya Dikeluarkan, Ini Penjelasan Ilmiah Soal Mutasi Sempurna COVID-19

Senin, 14 September 2020 - 06:02 WIB
loading...
Tanda Bahaya Dikeluarkan, Ini Penjelasan Ilmiah Soal Mutasi Sempurna COVID-19
Gambar virus corona. FOTO/ DAILY
A A A
NEW YORK - Mutasi Covid-19 tipe D614G yang telah terdeteksi terjadi di Eropa, Amerika Serikat, Amerika Utara, Malaysia dan Indonesia membuat dunia menyalakan tanda bahaya alias cemas. Lalu gimana buasnya mutasi D614G dilihat dari kacamata medis. BACA JUGA - Mutasi Sempurna COVID-19 Terjadi di Indonesia, Dunia Keluarkan Tanda Bahaya

Seperti dilansir dari news-medical, meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mutasi D614G dikaitkan dengan peningkatan keparahan COVID-19, sebuah penelitian terbaru yang menggunakan pohon filogenetik lebih dari 4000 genom virus corona telah mengklaim bahwa virus yang mengandung mutasi D614G lebih ganas, dan karenanya, dikaitkan dengan penyakit dengan tingkat kematian yang lebih tinggi. BACA JUGA - Bajaj Siap Gempur Vespa Matik dengan Husqvarna E-01

Mutasi genetik ditandai dengan perubahan permanen urutan DNA yang mungkin terjadi karena faktor lingkungan (radiasi UV), atau karena kesalahan selama proses replikasi DNA . Mutasi genetik dapat terjadi dari banyak jenis, termasuk missense, nonsense, insertion, deletion, duplikasi, frameshift, dan repeat expansion mutation.

Mutasi D614G adalah mutasi missense dimana perubahan pasangan basa DNA tunggal menyebabkan substitusi asam aspartat (kode satu huruf: D) dengan glisin (kode huruf tunggal: G) pada protein yang dikodekan oleh gen yang bermutasi.

Kodon RNA yang mengkode asam aspartat dan glisin dirancang masing-masing sebagai GAU / GAC dan GGU / GGC. Jadi, mutasi tunggal pada kodon RNA yang menyebabkan pergeseran A ke G dapat menyebabkan pergeseran asam aspartat menjadi glisin dalam urutan peptida dari protein target.

Glisin adalah asam amino nonpolar dengan satu atom hidrogen sebagai rantai sampingnya; sedangkan asam aspartat adalah asam amino polar dengan rantai samping asam. Mengingat perbedaan substansial antara sifat dasar asam amino ini, mutasi D614G diharapkan memiliki implikasi biologis yang signifikan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)