Wacana Grab-Gojek Merger Makin Kuat Setelah Dapat Restu dari Bos Softbank

Rabu, 16 September 2020 - 18:54 WIB
loading...
Wacana Grab-Gojek Merger Makin Kuat Setelah Dapat Restu dari Bos Softbank
ilustrasi angkutan online. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Gojek dan Grab kembali dilaporkan sedang dalam perbincangan untuk merger. Hal tersebut didukung oleh para investor, termasuk salah satu investor kuat mereka yakni SoftBank.(Baca: Pemkot Jakarta Pusat Siapkan 25 Hotel untuk Tempat Isolasi OTG Covid-19 )

Menurut laporan dari Financial Times, dukungan itu ada setelah pendiri SoftBank Masayoshi Son memberikan restu merger keduanya.

Diskusi untuk Gojek dan Grab merger ini muncul ketika keduanya sama-sama merugi karena pembatasan wilayah terkait virus Corona, terutama di Indonesia di mana mereka bersaing paling ketat.

Valuasi Gojek dan Grab turun di pasar sekunder di mana saham diperdagangkan secara informal.(Baca juga: Hotel Bintang Dua dan Bintang Tiga Disiapkan untuk Isolasi Mandiri Pasien COVID-19 )

Sebelumnya, pembicaraan merger antara Grab dan Gojek sudah terjadi sejak enam bulan lalu, namun terhalang oleh restu dari SoftBank.

Saat itu, Son percaya bahwa layanan ride-hailing akan menjadi industri monopoli, di mana perusahaan dengan uang tunai paling banyak pada akhirnya mendominasi pasar tertentu, kata orang-orang yang dekat dengan miliarder Jepang itu.

Tapi Gojek terbukti tangguh terumata di Indonesia dengan kembali menerima suntikan dana dari Facebook dan PayPal, setelah sebelumnya juga didukung raksasa internet China Tencent dan Meituan-Dianping.

Melihat itu, Son pun saat ini berubah pikiran, ia bahkan memberi dukungan penuh atas aksi korporasi tersebut.

Menurutnya, merger Gojek dan Grab bisa memberikan sinergi yang luas dan memangkas biaya operasi kedua perusahaan agar valuasi mereka meningkat.

Para pengamat menilai bahwa merger Gojek dan Grab dapat meningkatkan profitabilitas kedua pihak. Khususnya akibat dampak pandemi corona dan kekhawatiran pada model bisnis ojek online.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3213 seconds (0.1#10.140)