Tahan Drop Test 2 Meter, Portable SSD WD Digital Masih Digaransi 5 Tahun

loading...
Tahan Drop Test 2 Meter, Portable SSD WD Digital Masih Digaransi 5 Tahun
Penyimpanan data eksternal WD My Passport SSD lebih tangguh karena tidak memiliki komponen bergerak di dalamnya. Foto: dok WD Digital.
JAKARTA - Western Digital begitu percaya diri dengan kualitas portable SSD (pSSD) WD My Passport SSD mereka yang baru dirilis. Selain diklaim tahan benturan dari ketinggian 2 meter, mereka juga berani memberi garansi hingga 5 tahun. BACA JUGA:Ngebut, Kecepatan Portable SSD WD Digital Tembus 1 GB/Detik!

Western Digital Indonesia memang baru saja merilis dua model baru WD My Passport SSD Portable. Portable Solid State Drive (pSSD) ini diklaim memiliki kualitas dan ketangguhan jauh lebih baik daripada portable HDD yang sudah banyak digunakan di pasaran saat ini.

Ada dua varian yang dijual. WD My Passport Go memiliki kecepatan baca 400 MB/detik, dengan bumper pelindung karet di bodinya. Cocok untuk traveler, influencer, content creator, fotografer, hingga videografer.

Tahan Drop Test 2 Meter, Portable SSD WD Digital Masih Digaransi 5 Tahun

WD Digital My Passport SSD mudah dihubungkan ke laptop, baik Mac atau Windows.

Selain itu, ada juga model premium My Passport SSD 2020, yang memiliki kemampuan transfer super cepat serta dukungan proteksi password. Klaimnya, memiliki kecepatan baca 1.050 MB/detik.

BACA JUGA :Layar Ponsel Muncul di Laptop, Ini Fitur Nyeleneh Galaxy Note20 Ultra

Banderolnya memang lebih tinggi dibanding portable HDD biasa. Yakni, Rp1,899,000 untuk kapasitas 500GB, Rp2,999,000 untuk kapasitas 1TB, dan Rp6,299,000 untuk kapasitas 2TB.

Harganya memang jauh lebih mahal dibanding HDD biasa. Namun, keunggulan pSSD adalah durabilitasnya karena tidak memiliki moving parts atau komponen bergerak di dalamnya. Sehingga tahan banting, bahkan dari ketinggian 2 meter sekalipun.

”Seandainya terjatuh dari atas meja, pSSD tidak ada masalah. Berbeda dengan HDD yang lebih rentan benturan atau goncangan,” ujar Sales Manager Western Digital Soetrisno Poerwadi.

Bahkan, Soetrisno menyebut bahwa WD Digital memberikan garansi yang sangat panjang hingga 5 tahun, lebih lama dibanding model sebelumnya yang terbatas 3 tahun. ”Produknya akan kami tukar dengan unit baru. Jadi tidak akan di-servis,” beber Soetrisno.

Tahan Drop Test 2 Meter, Portable SSD WD Digital Masih Digaransi 5 Tahun

Ukuran yang ringkas dan tahan banting membuat pSSD mudah dibawa traveling. Sehingga cocok untuk pebisnis maupun content creator.

Meski demikian, ia menggaris bawahi bahwa file dan dokumen di dalam HDD tidak termasuk dalam garansi. ”Juga, tidak termasuk jatuh dan pecah. Karena itu dianggap kesalahan pengguna. Yang kami garansi hanya cacat fungsi dari pabrikan,” ujar Soetrisno.

BACA JUGA : Galaxy Note20 Ultra Gunakan AI untuk Hemat Penggunaan Baterai

Dengan ketangguhannya, pSSD dianggap menjadi teknologi perangkat penyimpanan portable masa depan. Walau memang dari sisi harga relatif lebih mahal.

Soetrisno mengatakan, selain ketahanan terhadap guncangan dan getaran, teknologi NVMe membuat My Passport SSD memiliki kecepatan baca hingga 1050MB/s1 dan kecepatan tulis hingga 1000MB/s1. Lalu, sudah dilindungi enkripsi perangkat keras 256-bit AES yang diaktifkan dengan password. Terakhir, bisa langsung dipakai untuk Mac dan PC.

ALASAN MEMILIHPORTABLE SSD DIBANDING PORTABLE HDD:
1. Lebih cepat untuk mentransfer konten berukuran besar, misalnya puluhan GB dari laptop ke ponsel.
2. Memori laptop/smartphone terbatas. Sementara file yang diproduksi semakin besar. Sehingga butuh perangkat backup data cadangan.
3.Lebih mudah untuk mengontrol konten. Misalnya mencari foto atau video lama. Cukup menghubungkan pSSD ke laptop.
4. Mengurangi risiko kehilangan data. Memang ada opsi menyalin data di cloud. Tapi, dengan portable SSD, data selalu ada di genggaman.

5. Keamanan terjamin, karena memilikienkripsi perangkat kerasdengan password.
(dan)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top