Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!

loading...
Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!
Jantung dari Nissan Z Proto adalah mesin V6 twin-turbocharged. Karena ini masih sebuah konsep, hal-hal seperti perpindahan dan figur kekuatan menjadi misteri. Foto/Motor1
TOKYO - Nissan 370Z sudah hadir sejak 2009. Kini merek automotif Jepang ini berusaha membangunnya kembali dengan seri 370 yang telah lama ditunggu -atau setidaknya ini adalah versi awalnya. (Baca juga: Brutal, 3.500 Warga Palestina Dibunuh Pasukan Israel di Era Netanyahu)

Nissan Z Proto mungkin belum tersedia untuk dibeli, karena nama "Proto" sendiri berarti "prototipe". Namun informasi yang tersedia sudah memberikan gambaran awal tentang apa yang diharapkan dari model produksinya nanti.
Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!

Laman Motor1 menyebutkan, banyak detail yang bisa kita lihat di sini. Mulai dari gaya retro, interior modern, dan V6 twin-turbocharged. Semuanya akan berkolaborasi "memperkuat" mobil ketika Nissan Z akhirnya memasuki pasar.

Kita berharap mobil sport baru Nissan tersebut akan mulai dijual secara resmi tahun depan. Untuk saat ini, yang bisa kita lakukan hanyalah memikirkan pratinjau yang sangat cantik dari gambar-gambar yang tersedia tentang apa itu Nissan Z Proto.
Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!

Jantung dari Nissan Z Proto adalah mesin V6 twin-turbocharged. Karena ini masih sebuah konsep, hal-hal seperti perpindahan dan figur kekuatan menjadi misteri. Tetapi jika ini adalah motor yang sama dari model Infiniti Red Sport, seperti yang dilaporkan, diharapkan mesinnya menghasilkan lebih dari 400 tenaga kuda (298 kilowatt) dari Z yang baru.
Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!

Angka itu akan menandai peningkatan besar dari 370Z saat ini, yang menghasilkan 332 hp (248 kW). Bukan hanya itu, tetapi tenaga itu akan memberikan Nissan Z dorongan yang signifikan di segmennya, menempatkannya lebih tegas terhadap pesaing seperti Toyota Supra yang menghasilkan 382 hp (285 kW) yang sebanding. Plus opsi yang lebih bertenaga seperti Ford Mustang GT dan Chevrolet Camaro SS.
Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!

V6 twin-turbo baru Z Proto dipasangkan dengan transmisi manual enam kecepatan, dan semua tenaga yang belum diketahui itu mengalir ke roda belakang secara eksklusif. Nissan mengatakan, transmisi otomatis juga sedang dalam pengembangan, seperti model Nismo.

Spesialis produk Nissan Hiroshi Tamura mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa "beberapa performa yang sesuai" akan datang pada Nissan Z Proto.
Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!

Penampilan Nissan Z Proto menghormati pendahulunya yang ikonik. Cat pearlescent kuning cerah memberikan kesan halus pada first-gen 240, sedangkan kap yang memanjang, lampu depan LED yang membulat, dan gril kotak memadukan isyarat dari mobil Z lainnya. Bahkan ada lencana "Fairlady Z" di bagasi.

Namun, bagian belakang Z Proto mungkin merupakan sudut yang paling menarik, dengan sekat hitam yang membentang di sepanjang tutup bagasi dan di atas spatbor belakang, menyembunyikan lampu belakang LED horizontal di bawahnya.
Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!

Bagian desain khusus itu menarik inspirasi langsung dari 300ZX era 90-an. Ini akan menerjemahkan dengan sangat baik ke model convertible yang dikonfirmasi.



Tapi tidak semuanya retro. Elemen serat karbon modern membumbui eksterior, dari side skirts hingga bibir bawah depan hingga diffuser belakang. Bodinya sendiri menggunakan satu set velg ringan 19 inci, dan bagian belakangnya diakhiri dengan sepasang tip knalpot.

Nissan hampir mengambil arah yang sama sekali berbeda, ketika menata Z baru. Perusahaan diam-diam melihat tampilan yang lebih modern pada mobil sport, dengan lampu depan ramping yang mirip Juke, LED melingkar besar di bawah, dan V-Motion khas merek tersebut.
Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!

Dari segi ukuran, Nissan Z Proto sebenarnya sedikit lebih besar dari 370Z saat ini, terutama panjangnya. Z baru membentang hingga panjang 172,5 inci, lebar 72,8 inci, dan tinggi 51,6 inci. 370Z, sementara itu, hanya memiliki panjang 167,5 inci, lebar 72,6 inci, dan tinggi 51,8 inci.

Bagian dalam Nissan Z Proto tidak tampak retro seperti eksterior, tetapi menawarkan tata letak yang bersih dengan banyak layar. Di jantung kabin terdapat apa yang disebut roda kemudi palang tiga "deep dish" yang memakai logo "Z" dan menggunakan beberapa kontrol di kedua sisinya.
Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!

Joknya menggunakan campuran Alcantara dan kulit, dengan jahitan kuning yang dibawa ke setir, boot knob shift, dan konsol tengah. Dan seperti pendahulunya, Nissan Z Proto hanya memiliki dua jok.

Dalam hal teknologi, terletak tepat di belakang setir adalah cluster instrumen digital 12,3 inci baru, yang menggantikan pengukur analog 370Z yang sudah ketinggalan zaman. Ada juga tampilan layar sentuh baru - jika itu layar yang sama dari Rogue baru, itu harus 9,0 inci - menjalankan sistem infotainment terbaru Nissan dan tiga indikator bulat tepat di atas layar pusat itu, di atas dasbor.
Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!

Harga dan Ketersediaan
Nissan Z Proto hanyalah sebuah konsep, tetapi kami berharap versi produksinya muncul akhir tahun depan sebagai model 2022 (setidaknya, di AS), menampilkan banyak isyarat yang Anda lihat di sini - termasuk mesin V6 twin-turbocharged.
Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!

Detail lebih lanjut seperti tenaga kuda dan harga awal mobil akan terungkap mendekati tanggal penjualannya. Namun ada prediksi bahwa Nissan Z Proto bakal dibanderol mulai USD40.000, nilai yang agak meremehkan saingan Jepangnya, Toyota Supra. (Baca juga: Ekonomi Global Rentan, Menkeu Sri Mulyani: Terlalu Dini Melihat Pemulihan Saat Ini)
Tantang Keganasan Toyota Supra, Nissan Z is Back!
(iqb)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top