Harga Lebih Mahal, Toyota Yaris 2021 Sandang Predikat City Car Teraman

loading...
Harga Lebih Mahal, Toyota Yaris 2021 Sandang Predikat City Car Teraman
Toyota Yaris 2021 mencetak peringkat keselamatan bintang lima maksimum dari Program Penilaian Mobil Baru Australia (ANCAP). Foto/CarsGuide
MELBOURNE - Toyota Yaris terbaru mungkin lebih mahal dari versi sebelumnya, tapi soal keamanan, mobil meraih ANCAP Bintang Lima. Toyota Yaris 2021 pun pantas menyandang gelar city car teraman di dunia. (Baca juga: Aturan Blokir Mulai Berlaku, Cek Dulu IMEI Saat Beli Ponsel)

Mobil baru Toyota ini telah mencetak peringkat keselamatan bintang lima maksimum dari Program Penilaian Mobil Baru Australiasian (ANCAP), meskipun rezim pengujiannya lebih ketat di tahun 2020 ini.

Ada dua perubahan besar untuk tahun ini guna mendapatkan skor tertinggi ANCAP. Pertama, dampak offset frontal telah ditingkatkan. Kedua, fitur keselamatan aktif kini diuji secara lebih detail.

Di kedua sisi, Yaris melakukan perlindungan dengan baik, melewati keempat kriteria utama ANCAP dengan skor tertinggi. Perlindungan penumpang dewasa adalah 32,97 poin dari kemungkinan 38 (atau skor 86%), perlindungan penumpang anak 42,97 dari 49, bantuan keselamatan 13,95 dari 16, dan perlindungan pengguna jalan yang rentan adalah yang terendah, tapi masih 42 dari 54 (atau 78%).

Skor bantuan keselamatan sangat bagus untuk Toyota, dengan sistem Yaris (yang mencakup pengereman darurat otonom dan bantuan pemeliharaan jalur) ditandai sebagai "baik" oleh ANCAP.



Rhianne Robson, Bos Komunikasi ANCAP, mengatakan, skor tersebut merupakan pertanda baik bagi konsumen. Karena ini menunjukkan pembuat mobil meningkatkan standar keselamatan sejalan dengan program uji tabrak yang lebih ketat.

“Yaris memperkenalkan beberapa sistem keselamatan pasif dan aktif yang paling canggih -termasuk airbag tengah ganda dan AEB dengan Turn Assistance yang merupakan fitur yang pertama kali terlihat pada tahun 2020,” katanya seperti dikutip CarsGuide.

Dia menambahkan, meskipun COVID-19 telah mengakibatkan sedikit penundaan pada pengujian dan rilis peringkat pertama ANCAP pada tahun 2020. Peringkat ini membangun kembali ekspektasi pasar dan konsumen untuk 5 bintang terlepas dari segmen pasar atau tujuan penggunaan.

“Dengan tantangan baru yang ditetapkan oleh ANCAP mulai tahun 2020, sangat menyenangkan melihat pabrikan mencapai hasil yang baik dengan standar yang meningkat ini, dan bertanggung jawab dengan memprioritaskan keselamatan untuk menyediakan kendaraan teraman yang mereka bisa,” tutur Robson. (Baca juga: Mencari Puzzle Hilang dalam Strategi Mourinho)
(iqb)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top