Huawei Dikabarkan Hanya Punya 8,8 Juta Chipset Kirin 9000 untuk Mate 40

loading...
Huawei Dikabarkan Hanya Punya 8,8 Juta Chipset Kirin 9000 untuk Mate 40
Kirin 9000 mengemas teknologi proses 5 nm dan menjadi platform pertama dengan modem 5G built-in. Foto/Ist
SHENZHEN - Huaweiakan merilis chipset andalan berikutnya, yakni Kirin 9000, dengan mengemas teknologi proses 5 nm. Chipset ini dikatakan sebagai platform pertama dengan modem 5G built-in. (Baca juga: Mesin Lebih Besar, Aprilia SXR 160 Siap Lewati NMax dan PCX)

Laporan awal, sebut GSM Arena, perusahaan raksasa China ini memerintahkan TSMC untuk memproduksi 15 juta unit, tapi laporan terbaru mengatakan hanya akan ada sekitar 8,8 juta chip.

Secara rinci, satu pembocor di Weibo mengonfirmasi wafer 5nm totalnya adalah 22.000. Satu wafer dapat menghasilkan sekitar 400 cetakan, dan dengan trik matematika sederhana yang disebut perkalian, kita bisa mendapatkan jumlah penuh chipset sebenarnya yang dapat dikirimkan pabrikan Taiwan ke Huawei.

Harapan pertama adalah perangkat Mate 40 akan mencapai 8 juta pengiriman dari peluncuran pada bulan Oktober hingga akhir tahun kalender.



Namun, dengan larangan terbaru yang ditetapkan Amerika Serikat pada perusahaan yang bekerja sama dengan Huawei, TSMC tidak akan dapat memproduksi lebih banyak chip dalam waktu dekat.

Jika angka 8,8 juta itu benar, maka jumlah unit yang dijual dari Huawei Mate 40 tidak akan banyak. (Baca juga: Penurunan Bunga Acuan Tak Efektif Jika Serapan Anggaran Seret)
(iqb)
KOMENTAR ANDA
preload video
Top