VMware Sempurnakan Portofolio 5G dan Edge Dukung Inovasi Bisnis

Jum'at, 18 September 2020 - 12:00 WIB
loading...
VMware Sempurnakan Portofolio 5G dan Edge Dukung Inovasi Bisnis
Makin banyaknya CSP yang berevolusi dari jaringan NFV ke jaringan cloud native dan terkontainerkan membuat VMware juga turut berevolusi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - VMware , Inc. meluncurkan 5G Telco Cloud Platform yang mendukung Communication Service Providers (CSPs) guna memenuhi tingginya kebutuhan inovasi berbasis teknologi 5G di kawasan Asia Tenggara . (Baca juga: Wacana Grab-Gojek Merger Makin Kuat Setelah Dapat Restu dari Bos Softbank )

VMware 5G Telco Cloud Platform merupakan solusi cloud-first yang konsisten untuk mendukung infrastruktur cloud native berkelas carrier dengan performa tinggi pada perusahaan CSP. Solusinya dibanguna untuk menyambut kehadiran aplikasi-aplikasi teknologi masa depan.

Di tahun 2025, ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara diprediksikan akan mencapai USD300 miliar. Organisasi-organisasi kian terpacu untuk mempercepat tuntasnya transformasi digital guna mendorong tumbuhnya inovasi bisnis di tengah tingginya dinamika kebutuhan pelanggan, dan pertumbuhan ekonomi cloud serta mobile-first.

Kehadiran teknologi 5G diharapkan menjadi mesin yang menggerakkan roda pertumbuhan bisnis perusahaan. Sebab perusahaan-perusahaan CSP membutuhkan jaringan yang unggul, didukung oleh cloud yang telah dimodernisasi.

"Dalam bisnis, kecepatan dan kegesitan bisnis dalam skala yang luar biasa merupakan kunci. Selain itu, mereka juga dituntut untuk dapat mempertahankan performa, resiliensi, dan kualitas berkelas tinggi yang dibutuhkan pada perusahaan-perusahaan carrier," kata Sanjay K Deshmukh, Vice President and Managing Director, Southeast Asia and Korea, VMware.

Dia menjelaskan, platform multi cloud inovatif milik VMware menghadirkan simplifikasi dan mampu mempercepat adaptasi terhadap jaringan 5G, serta mendukung perusahaan CSP agar lebih fokus dalam menyelami pemanfaatan teknologi cloud native. Peluncuran aplikasi dan layanan inovatif ke pasar akan dapat dilakukan dengan lebih cepat, sehingga mampu memenuhi dinamika kebutuhan pelanggan bisnis yang kian meningkat.

“VMware berkomitmen untuk mempercepat kehadiran portofolio cloud telco dan edge mutakhir, agar mampu mendukung pelanggan dalam menghadapi tantangan-tantangan masa kini dan dalam meraih peluang-peluang masa depan yang sudah ada di depan mata,” tutur Sanjay.

Dengan dukungan teknologi cloud native yang terdapat pada Telco Cloud Platform, CSP kini dapat mengakselerasi inovasi dalam meluncurkan aplikasi-aplikasi dan layanan baru. Kompleksitas operasional dan total biaya kepemilikan terpangkas secara substansial.

"Teknologi ini mendukung akselerasi dalam penggelaran jaringan 5G perusahaan, yang pada akhirnya akan turut mendukung pertumbuhan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara,” ujarnya.

VMware Telco Cloud Platform merupakan paduan dari VMware Telco Cloud Infrastructure, yakni sebuah evolusi di ranah solusi vCloud NFV, dengan VMware Telco Cloud Automation, yakni kapabilitas orkestrasi dan otomasi multi domain yang diluncurkan baru-baru ini.

Telco Cloud Platform yang telah siap 5G ini dirancang sedemikian rupa khusus untuk kalangan CSP. Tujuannya agar mereka dapat menyelami pemanfaatan teknologi cloud native lebih jauh lagi, serta memudahkan dalam menghadirkan aplikasi dan layanan pada infrastruktur multicloud yang digunakan.

Makin banyaknya CSP yang berevolusi dari jaringan NFV ke jaringan cloud native dan terkontainerkan membuat VMware juga turut berevolusi. Perusahaan beralih dari solusi VMware vCloud NFV ke Telco Cloud Infrastructure dengan platform yang makin konsisten dan terpadu untuk operasi Virtual Network Functions (VNFs) maupun Cloud Native Network Functions (CNFs) di seluruh jaringan telko. (Baca juga: Ratusan Nakes Terpapar COVID-19, Stafsus Menkes: Garda Terdepan Adalah Masyarakat )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2028 seconds (0.1#10.140)