Cara Membersihkan Handphone yang Efektif untuk Mencegah Virus Menempel

loading...
Cara Membersihkan Handphone yang Efektif untuk Mencegah Virus Menempel
Menurut studi, handphone ternyata membawa 10 kali lebih banyak bakteri dibandingkan dengan dudukan toilet. Tapi kita tidak bisa sembarangan membersihkan. Foto/Ist
JAKARTA - Handphonesudah tak bisa lepas dari kehidupan keseharian kita. Tiada hari tanpa smartphone. (Baca juga: Urusan Cetak Gol Terbaik di Liga Inggris 2019/2020, Rashford Kalahkan Bruno Fernandes)

Dimulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, "Moms" pasti tak lepas dari perangkat canggih tersebut. Bahkan saat pergi ke toilet sekalipun, ada saja yang selalu membawa handphone.

Sayangnya kebiasaan ini membuat handphone menjadi sarang virus dan bakteri. Tentunya kita perlu menyadari pentingnya cara membersihkan smartphone. Apalagi mengetahui betapa kotornya perangkat yang Moms ketahui sehari-hari.

Menurut studi, handphone ternyata membawa 10 kali lebih banyak bakteri dibandingkan dengan dudukan toilet. Memang toilet ialah sebuah tempat yang jorok dan banyak bakteri. Namun karena sering dibersihkan justru lebih bersih dibandingkan handphone yang kita bawa sehari-hari.



Studi ini dilakukan oleh University of Arizona. Menurut Charles Gerba, ahli mikrobiologi dari universitas tersebut, penggunaan handphone yang dekat dengan wajah dan mulut justru bisa memicu risiko kesehatan.
Cara Membersihkan Handphone yang Efektif untuk Mencegah Virus Menempel

Apalagi di tengah pandemik COVID-19 di mana kita harus menjaga kebersihan, termasuk handphone. Menurut studi ini, bakteri yang ada di handphone juga berpotensi menimbulkan penyakit menular seperti flu hingga diare. Tentu saja hal ini berisiko jadi sarana penyebaran virus Corona.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara membersihkan handphone yang tepat. Ada sederet cara yang bisa Moms lakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus dan bakteri melalui handphone yang dipakai dalam aktivitas sehari-hari ini.

1. Pakai disinfectant tissue
Kita memang bisa memakai disinfectant tissue. Bahan desinfektan sendiri memang mengandung alkohol.



Hanya biasanya menggunakan etanol dengan presentasi 45-95%. Kandungannya sama dengan alkohol pada hand sanitizer.
halaman ke-1 dari 3
KOMENTAR ANDA
preload video
Top