Google Perbarui Aturan, Larang Aplikasi Stalkerware ada di Play Store

loading...
Google Perbarui Aturan, Larang Aplikasi Stalkerware ada di Play Store
Ilustrasi Google. FOTO/ ist
LONDON - Google telah memperbarui aturan di Play Store dengan memberlakukan larangan secara formal bagi aplikasi stalkerware.

(Baca juga:Bekasi Bakal Jemput Paksa Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri)

Stalkerware adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan aplikasi yang melacak pergerakan pengguna, mengintip panggilan dan pesan, dan merekam aktivitas aplikasi lain.

Dilansir dari ZDNet, Jumat (18/9/2020), stalkerware juga dikenal sebagai spouseware, biasanya diiklankan kepada pengguna untuk menemukan pasangan, melacak anak-anak saat berada di luar rumah, dan cara untuk mengawasi karyawan di tempat kerja.



Fitur utama dari semua aplikasi stalkerware adalah aplikasi ini dapat diinstal berjalan tanpa sepengetahuan pemilik perangkat dan bisa beroperasi di latar belakang sistem operasi.

(Baca juga:Menguak Rencana Besar Angkatan Luar Angkasa AS Menguasai Bulan)

Selama satu dekade terahir Google Play Storetelah menampung ratusan aplikasi yang masuk kategori stalkerware.



Namun dalam pembaruan Developer Program Policy, Google mengatakan bahwa semua aplikasi yang melacak pengguna dan mengirim datanya ke perangkat lain harus menyertakan pemberitahuan atau persetujuan yang memadai.

Aplikasi juga harus menunjukkan notifikasi terus-menerus bahwa tindakan pengguna sedang dilacak oleh aplikasi.

Aturan baru yang mulai berlaku pada 1 Oktober ini secara spesifik melarang aplikasi stalkerware, dengan tidak memungkinkannya diinstal dan beroperasi tanpa terdeteksi saat dipasang pada perangkat korban.

Jika aplikasi pelacakan pengguna tidak menambahkan perubahan UI ini, aplikasi tersebut tidak akan lulus proses persetujuan untuk dicantumkan di Play Store.
(wbs)
KOMENTAR ANDA
preload video
Top