Ini Jawaban Lengkap Alasan Masker Scuba dan Buff Tidak Dianjurkan Dipakai

loading...
Ini Jawaban Lengkap Alasan Masker Scuba dan Buff Tidak Dianjurkan Dipakai
(Baca juga: Bekasi Bakal Jemput Paksa Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri). FOTO/ IST
JAKARTA - Belakangan ini ramai dibicarakan bahwa masker scuba dan buff tidak efektif jika digunakan untuk mencegah penyebaran virus corona.(Baca juga:Menguak Rencana Besar Angkatan Luar Angkasa AS Menguasai Bulan)

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan, masker scuba tidak disarankan digunakan karena berbahan tipis.

Jika dibandingkan, masker jenis lainnya menggunakan bahan hingga tiga lapis, sehingga kemampuan menyaring partikel virus bisa lebih baik.(Baca juga:Bekasi Bakal Jemput Paksa Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri)

“Masker scuba atau buff hanya satu lapis saja dan terlalu tipis, sehingga ada kemungkinan untuk tembus dan tidak bisa menyaring lebih besar," kata Wiku, di Istana Kepresidenan, Jakarta, beberapa waktu lalu.



Di sisi lain, ilmuwan dari Duke University juga telah menjalani uji coba terhadap 14 jenis masker dan penutup wajah, untuk mengetahui keefektifan dalam mencegah virus corona.

Hasilnya, mengutip dari Science Alert, masker jenis N95 menjadi yang paling ampuh menularkan Covid-19, diikuti masker bedah, dan masker berbahan polipropilen.

Sementara masker jenis scuba dan buff, menjadi yang paling belakang dipengujian tersebut. Lapisan yang tipis serta kualitas bahannya justru dianggap membahayakan.
(wbs)
KOMENTAR ANDA
Top