Ilmuwan Temukan Sperma Berukuran Raksasa Berusia 100 Juta Tahun

Sabtu, 19 September 2020 - 04:45 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Sperma Berukuran Raksasa Berusia 100 Juta Tahun
Gambar ini menunjukkan Cretaceous ostracod crustacea Myanmarcypris hui jantan (kanan) dan betina (kiri) saat musim kawin. Foto/Dinghua Yang/Live Science
A A A
NAYPYIDAW - Sperma tertua di dunia telah ditemukan. Sperma tersebut terkunci dalam sepotong amber yang mengeras saat raksasa seperti Spinosaurus masih mendominasi kehidupan Bumi . (Baca juga: Menguak Rencana Besar Angkatan Luar Angkasa AS Menguasai Bulan )

Namun sperma berukuran raksasa itu berasal dari makhluk yang jauh lebih kecil daripada Spinosaurus bergigi: ostracod, krustasea. Dikenal dalam bahasa sehari-hari sebagai "udang benih", ostracoda biasanya tumbuh hanya beberapa sepersepuluh inci panjangnya. Tubuh mereka dilindungi oleh cangkang kerang, dari mana pelengkap kecil seperti kepiting terkadang menonjol.

Ada ribuan spesies ostracoda yang hidup hari ini, dan banyak di antaranya memiliki sel sperma raksasa, yang terpanjang akan mengeluarkan hingga 0,46 inci (11,8 milimeter). Jauh lebih panjang daripada hewan yang memproduksinya.

Sekarang, para ilmuwan telah menemukan contoh sperma yang sangat besar ini di dalam ostracod dari periode Cretaceous, 100 juta tahun yang lalu. Ini adalah contoh tertua dari sperma hewan yang berumur 50 juta tahun.

Terkunci dalam Amber
Sperma itu ditemukan di dalam cakram kuning seukuran prangko di sebuah tambang di Myanmar utara. Dalam gumpalan kecil resin pohon ini terdapat 39 ostracoda, 31 di antaranya milik spesies yang belum pernah terlihat sebelumnya -sekarang disebut Myanmarcypris hui. Panjangnya hanya tumbuh 0,02 inci (0,59 milimeter).

Namun yang paling menarik adalah apa yang ditemukan para peneliti di dalam Myanmarcypris hui betina dewasa. Jaringan lunak betina terawetkan, termasuk empat telur kecil (masing-masing hanya berdiameter 50 mikrometer, kurang dari diameter rambut manusia) dan massa sesuatu yang tampak seperti spageti di dalam wadah mani betina.

He Wang, seorang paleontolog dan peneliti postdoctoral di Chinese Academy of Science, menggunakan computed tomography untuk merekonstruksi gambar tiga dimensi dari massa ini dan mengirimkannya ke Renate Matzke-Karasz, seorang ahli ostracod dan paleontolog di Ludwig Maximilian University of Munich.

"Saya segera memberi selamat kepadanya karena telah merekonstruksi sperma hewan tertua," kata Matzke-Karasz kepada Live Science.

Wang, Matzke-Karasz dan rekannya memperkirakan bahwa setiap sperma memiliki panjang 200 mikrometer. Mereka mempublikasikan temuan mereka pada 16 September lalu di jurnal Proceedings of the Royal Academy B.

Evolusi Sperma Raksasa
Sebelum penemuan ini, sperma hewan tertua yang dikonfirmasi berasal dari sekitar 50 juta tahun lalu. Itu ditemukan di kepompong cacing dari Antartika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)