Industri Gim Kewalahan Produksi Selama Pandemi

loading...
Industri Gim Kewalahan Produksi Selama Pandemi
Foto/dok
JAKARTA - Selalu ada berkah di balik musibah. Pepatah ini dirasakan oleh industri gim. Selama pandemi Covid-19 berlangsung dan menyengsarakan penduduk dunia, industri mainan malah mengeruk keuntungan sangat besar.

Pasalnya, dengan adanya pemberlakuan lockdown di berbagai negara di dunia, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah, termasuk untuk mencari hiburan. Karena itulah jumlah gamer meningkat tajam. (Baca: Penjelasan Satgas Corona Soal Angka Kematian Simpang Siur)

Berdasarkan data Forum Ekonomi Dunia (WEF), pasar video game dunia diperkirakan mencapai USD159 miliar pada 2020 atau sekitar empat kali lipat pendapatan box office (USD43 miliar pada 2019) dan tiga kali lipat pendapatan industri musik (USD57 miliar pada 2019). Pangsa pasar terbesar berasal dari Asia-Pasifik.

“Masyarakat kini membeli lebih sedikit gim dibandingkan satu dekade sebelumnya, tapi durasi bermain gimnya jauh lebih tinggi. Hal ini turut menggeser model bisnis video gim dari penjualan unit menjadi penjualan berbasis pengguna aktif sehingga tak heran sangat banyak online game,” ungkap WEF.



Doom Eternal, yang dirilis pertengahan Maret lalu, menjadi gim dengan penjualan terbanyak pada pekan pertama di antara seri gim Doom yang lain. Animal Crossing juga memecahkan rekor penjualan dan menjadi fenomena baru.

Platform streaming video game juga meraup keuntungan besar, termasuk stasiun televisi olahraga yang menayangkan e-sports. Dari kuartal keempat (Q4) 2019 hingga Q1 2020, Twitch ditonton tiga miliar jam untuk pertama kali.

Untuk merespons ledakan permintaan itulah, industri gim berlomba-lomba merilis produk baru. Nontendo, misalnya, berencana meningkatkan produksi konsol video game Switch sebesar 20% dengan target penjualan 30 juta unit pada tahun ini menyusul tingginya permintaan. Switch mengalami kenaikan popularitas berkat Animal Crossing: New Horizons, sebuah gim yang populer di kalangan anak remaja. (Baca juga: Inilah Tips Melawan Rasa Malas Beribadah)



Sony dan Microsoft juga sedang bersiap-siap merilis generasi terbaru PlayStation 5 dan Xbox Series X. Sederetan gim terbaru sudah berbaris untuk dimainkan di konsol terbaru. “Jika rilis konsol tertunda, imbasnya tak diragukan lagi akan dapat dirasakan ke seluruh pasar gim,” kata Piscatella dari N.P.D. Group.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR ANDA
preload video
Top