NASA Prioritaskan Venus Setelah Temukan Tanda Kehidupan

loading...
NASA Prioritaskan Venus Setelah Temukan Tanda Kehidupan
Markas besar NASA di Amerika Serikat. FOTO/ IST
CALIFORNIA - NASA memiliki beberapa prioritas yang akan dikerjakan. Mulai dari eksplorasi Mars yang sedang berlangsung, rencana ambisius untuk mengirim astronot kembali ke bulan pada tahun 2024.BACA JUGA- Viral di TikTok, Polisi Magelang Buru Wanita Pamer Pantat saat Naik Skutik

Terbaru, NASA menabahkan Venus masuk ke daftar proyek prioritasnya. NASA mengatakan, akan menjadikan Venus sebagai prioritas setelah tanda kehidupan ditemukan di planet itu.

Penemuan senyawa kimia fosfin yang mengejutkan di awan Venus telah memicu spekulasi bahwa mikroorganisme asing mungkin hidup di planet yang tampaknya tidak ramah untuk kehidupan ini.(Baca juga: Masih Banyak Siswa Belum Miliki Gawai dan Kesulitan Sinyal)

Dilansir dari CNET, Sabtu (19/9/2020), Administrator NASA Jim Bridenstine menyebut temuan itu merupakan perkembangan paling signifikan dalam mencari kehidupan lain di luar Bumi.



Bridenstine menunjuk penelitian NASA tentang kehidupan mikroba di atmosfer atas Bumi. "Sudah waktunya memprioritaskan Venus," ujarnya.

Venus bukanlah planet yang belum sama sekali dijelajahi. Ada NASA, ESA, JAXA, dan pesawat terbang Soviet yang pernah dikirim ke planet kedua terdekat dari matahari ini.

"Seiring dengan bertambahnya jumlah benda planet, Venus terbukti menjadi tempat penemuan yang menarik, meskipun tidak menjadi bagian penting dalam pencarian kehidupan karena suhu ekstrim, komposisi atmosfer dan faktor lainnya," kata NASA.



NASA bahkan sudah mempertimbangkan untuk kembali ke Venus dalam beberapa bentuk. NASA sedang menjajaki kemungkinan beberapa misi yang berfokus pada Venus sebagai bagian dari Program Penemuannya.
(wbs)
KOMENTAR ANDA
preload video
Top