Siasati PSBB, Grab Gunakan Teknologi Geofencing

Selasa, 22 September 2020 - 14:15 WIB
loading...
Siasati PSBB, Grab Gunakan Teknologi Geofencing
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Grab menjadi aplikasi online pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi geofencing untuk mengurangi kerumunan guna menjaga kesehatan mitra pengemudi. Ini dilakukan untuk membantu pemerintah dan masyarakat DKI Jakarta untuk dapat beradaptasi dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total Kedua.

Teknologi ini diperkenalkan untuk memastikan mitra pengemudi tetap menjaga jarak aman sesuai imbauan pemerintah. Cara kerjanya, mitra pengemudi yang terdeteksi berkerumun, akan menerima peringatan melalui pesan teks atau pop-up di aplikasi mitra pengemudi mereka. (Baca: Inilah Nasib Orang yang Bakhil)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memang mengizinkan ojek online untuk tetap beroperasi selama masa PSBB secara total mulai Senin 14 September 2020.

Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Nomor 156 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Bidang Transportasi mewajibkan perusahaan aplikasi ojek online menerapkan teknologi geofencing.

Director of Government Affairs & Strategic Collaborations Grab Indonesia Uun Ainurofiq mengatakan, kesehatan menjadi prioritas utama supaya mitra pengemudi Grab tetap bisa produktif. (Baca juga: Penting Buat Orangtua, Kenali Gejala Kanker Pada Anak)

”Sejak pengumuman PSBB Total Kedua, tim kami terus mencari cara yang efektif agar kami tetap bisa melindungi mata pencaharian dan kesehatan mitra. Teknologi geofencing yang telah kami manfaatkan sejak awal Grab beroperasi, kami terapkan untuk membantu proses pengawasan mitra pengemudi di lapangan ini mulai Senin, 14 September lalu,” ungkapnya.

Penerapan geofencing, lanjut Uun, merupakan salah satu solusi inovatif dalam mendeteksi GPS mitra pengemudi yang berkumpul dalam satu lokasi, dimana sistem akan langsung memberikan peringatan kepada mereka yang didapati melanggar peraturan. (Lihat videonya: Banjir Bandang Terjang Desa Cicurug, Sukabumi)

Untuk memastikan masyarakat dapat bermobilisasi dengan aman di tengah pandemi, Grab juga telah memperkenalkan armada GrabProtect yang merupakan program keamanan dan kebersihan untuk memberikan standar kebersihan terbaik di industri ride-hailing melalui serangkaian fitur baru, peningkatan armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect, serta pembaharuan aturan keamanan. (Danang Arradian)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3236 seconds (0.1#10.140)