74 Ekor Badak Jawa yang Tersisa Rayakan Hari Badak Sedunia

Selasa, 22 September 2020 - 22:07 WIB
loading...
74 Ekor Badak Jawa yang Tersisa Rayakan  Hari Badak Sedunia
Sakah satu Badak Jawa yang tersisa di Ujung Kulon Banten. FOTO/ IST
A A A
BANTEN - Setiap tanggal 22 September merupakan peringatan World Rhino Day(WRD) atau Hari Badak Sedunia.

Tahun ini, Javan Rhino Expedition (JRE) bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ikut merayakannya.

Perayaan tersebut ditandakan dengan meluncurkan hasil karya ekspedisi yang juga bertepatan dengan setahun perjalanan kegiatan JRE yang menyoroti upaya konservasi badak Jawa.

Saat ini, ada lima jenis badak yang tersisa di dunia dan terancam punah. Dua dari kelima jenis badak tersebut berada di Indonesia, yaitu Badak Sumatera dan Badak Jawa.

Berbeda dengan Badak Sumatera yang kantong populasinya tersebar di beberapa provinsi yang ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan, Badak Jawa hanya memiliki satu habitat di dunia, yaitu Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) setelah subspesiesnya dinyatakan punah di Vietnam pada tahun 2010.

“Ini adalah momentum peringatan akan upaya konservasi badak di dunia,” kata Kepala Balai TNUK, Anggodo.

Berdasarkan data TNUK, pada Agustus 2020 populasi Badak Jawa yang tersisa hanya 74 ekor saja. Berbagai macam ancaman mengintai badak maupun “rumah terakhirnya”.

Beberapa masalah yang teridentifikasi seperti ancaman bencana alam, distribusi pakan yang menurun, ancaman penyakit, dan menurunnya kualitas genetik dihadapi badak bercula satu ini.

Ekspedisi ini bertujuan untuk mendokumentasikan cerita tentang proses menemukan Badak Jawa di habitat terakhirnya, dan merekam sudut pandang inspiratif dunia konservasi, baik dari masyarakat ataupun lembaga ke dalam bentuk tulisan, foto, dan film dokumenter.

Karya yang lahir dari ekspedisi ini kemudian dapat digunakan untuk kegiatan kampanye dan penyadaran tentang konservasi Badak Jawa untuk masyarakat luas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)