Klaim Gratis, Ternyata Aplikasi Ini Menggeroti Dompet Penggunanya

Kamis, 24 September 2020 - 04:44 WIB
loading...
Klaim Gratis, Ternyata Aplikasi Ini Menggeroti Dompet Penggunanya
Aplikasi berbahaya telah dipasang lebih dari 2,4 juta kali dan pengembang jahatnya berpura-pura menawarkan fiturnya secara gratis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jika Anda tidak menghapus aplikasi iOS dan Android ini sekarang juga, jangan merasa rugi kalau Anda bakal banyak kehilangan rupiah dari dompet di saku. (Baca juga: Saudi Buka Umrah Bertahap, Konjen Jeddah: Biaya Akan Lebih Mahal )

Menurut Ars Technica, temuan yang diberikan kepada peneliti oleh seorang anak mengarah pada penemuan adware dan aplikasi lain yang dirancang untuk menipu publik. Aplikasi ini terdaftar di Apple App Store untuk unit iPhone dan Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi telah dipasang lebih dari 2,4 juta kali dan pengembang jahatnya berpura-pura menawarkan fitur seperti gambar wallpaper, konten dan aliran hiburan, serta unduhan musik. Beberapa dari aplikasi ini menayangkan iklan bahkan saat tidak dibuka.

Kejahatan siber ini disebut trojan HiddenAds yang menyamar sebagai aplikasi berguna. Mereka berguna bagi pelaku kejahatan yang mengumpulkan pendapatan dari penayangan iklan kepada korban.

Fatalnya, butuh seorang anak untuk menemukan malware yang dipasang lebih dari 2,4 juta kali oleh pengguna iPhone dan ponsel Android.

Mengapa kita tidak menghapus aplikasi jahat ini dari perangkat? Jawabannya sederhana. Ikon disembunyikan sehingga pengguna tidak tahu bagaimana cara menghilangkannya. Selain mengirimkan adware, beberapa aplikasi ini juga mengenakan biaya Rp28.000 hingga Rp140.000 untuk pembelian dalam aplikasi yang tidak berguna.

Perusahaan analitik aplikasi Sensor Tower memperkirakan pengembang nakal itu sudah meraup Rp3 miliar dari aksi jahatnya. Beberapa aplikasi spam/scam ini dipromosikan oleh trio pengguna TikTok, salah satunya memiliki 300.000 pengikut.

Aplikasi video pendek memainkan peran penting dalam penemuan aplikasi tersebut. Seorang anak perempuan kebetulan menemukan profil di TikTok yang mempromosikan salah satu "aplikasi yang kasar" dan melaporkannya ke proyek Be Safe Online di Republik Ceko -organisasi yang membantu anak-anak di negara tersebut tetap aman saat online.

Laporan itu mengarahkan para peneliti dari firma keamanan Avast untuk melakukan penggaliannya lebih dalam. Hasilnya, mereka menemukan 11 aplikasi yang menjalankan iOS dan Android yang terlibat dalam penipuan ini.

"Kami berterima kasih kepada gadis muda yang melaporkan profil TikTok kepada kami, kesadaran dan tindakannya yang bertanggung jawab adalah jenis komitmen yang harus kita semua tunjukkan untuk menjadikan dunia maya tempat yang lebih aman. Aplikasi yang kami miliki ditemukan adalah penipuan dan melanggar kebijakan aplikasi Google dan Apple dengan membuat klaim yang menyesatkan seputar fungsi aplikasi, atau menayangkan iklan di luar aplikasi dan menyembunyikan ikon aplikasi asli segera setelah aplikasi dipasang," kata analis Avast, Jakub Vávra.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3465 seconds (0.1#10.140)