Didukung Database Open Source Canggih, PostgreSQL 13 Kinerja Lebih Maksimal

Kamis, 24 September 2020 - 10:46 WIB
loading...
Didukung Database Open Source Canggih, PostgreSQL 13 Kinerja Lebih Maksimal
PostgreSQL 13 memberikan pengalaman manajemen data yang lebih baik untuk beban kerja besar dan kecil, dengan pengoptimalan untuk administrasi harian, lebih banyak kemudahan untuk pengembang aplikasi, dan peningkatan keamanan. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - PostgreSQL Global Development Group hari ini mengumumkan peluncuran PostgreSQL 13, versi terbaru dari software database open source tercanggih di dunia.



Berbagai keunggulan yang dibenamkan di PostgreSQL 13 mencakup peningkatan signifikan pada sistem pengindeksan dan pencariannya yang menguntungkan bagi database besar, penghematan ruang, dan peningkatan kinerja untuk indeks, waktu respons yang lebih cepat untuk query yang menggunakan agregat atau partisi, perencanaan query yang lebih baik saat menggunakan statistik yang ditingkatkan, dan banyak lagi.



Kemajuan Kinerja Berkelanjutan

Melanjutkan keunggulan dari versi sebelumnya, PostgreSQL 13 secara efisien dapat menangani data duplikat dalam indeks B-tree, yang merupakan indeks standar database. Hal ini memberikan keuntungan dengan menurunkan penggunaan ruang yang dibutuhkan indeks B-tree, sambil meningkatkan kinerja query secara keseluruhan.

PostgreSQL 13 memperkenalkan pengurutan bertahap, di mana data yang diurutkan dari langkah sebelumnya dalam query dapat mempercepat pengurutan di langkah selanjutnya. Selain itu, PostgreSQL sekarang bisa menggunakan sistem statistik yang diperluas (diakses melalui CREATE STATISTICS) untuk membuat plan yang lebih baik untuk query dengan klausa OR dan pencarian atas daftar IN / ANY.

Di PostgreSQL 13, lebih banyak pilihan query pengelompokan dan agregat dapat meningkatkan efisiensi fungsi pengelompokan, karena query dengan kelompok besar tidak harus dimasukkan seluruhnya ke dalam memori. Query dengan tabel partisi mendapatkan manfaat terbesar, karena saat ini ada banyak kemungkinan dimana partisi dapat dipangkas dan dapat digabungkan langsung.

Pengoptimalan Administrasi

Di PostgreSQL 13, sistem vacuuming terus ditingkatkan salah satunya adalah dengan pelaksanaan secara paralel untuk indeks. Administrator dapat memilih jumlah parallel worker yang akan dijalankan. Selain itu, proses autovacuum dapat dimulai oleh INSERT data.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4922 seconds (0.1#10.140)