Kawah Meteorit yang Bikin Dinosaurus Punah Ditemukan di Australia

loading...
Kawah Meteorit yang Bikin Dinosaurus Punah Ditemukan di Australia
Ilustrasi Dinosaurus. FOTO/ SIT
SIDNEY - Kawah meteorit yang berusia 100 juta tahun lalu berhasil ditemukan oleh penambang emas di Australia. Kawah tersebut diprediksi telah ada sejak zaman dinosaurusmasih eksis di Bumi.(Baca juga:Diskon Iuran Jamsostek Tak Mengubah Manfaat Terhadap JKK)

Lebarnya sekitar 5 kilometer. Kawah yang ditemukan di dekat kota Ora Banda di Australia Barat, itu kemungkinan dibuat oleh hantaman meteor dengan besar 200 meter.Baca juga:Resesi Datang, Siap-siap Gelombang PHK Bisa Menjulang)

Terdapat beberapa inti batu yang tak lazim ditemukan oleh Ahli Geologi di perusahaan tambang emas Evolution Mining pada kawah tersebut.

Kemudian, dari hasil pengujian lanjutan, ditemukan adanya kerucut yang hancur di dalamnya. Hal ini sebagai tanda-tanda terjadinya tabrakan meteor.



Saat ini, para ilmuwan dari Curtin University di Perth, Australia, sedang menyelidiki situs Ora Banda pada tingkat mikroskopis.

Jadi, secara khusus tim peneliti akan memeriksa kandungan mineral di kawah tersebut telah menguap dan kemudian menjadi kristal kembali di bawah tekanan tinggi.

“Mereka tidak melakukan uji coba nuklir di Ora Banda. Ini bukti bahwa meteor kuno menghantam lokasi itu," kata Mayers, seprang Ahli Geofisika, dikutip dari Live Science.
(wbs)
KOMENTAR ANDA
preload video
Top