Kulkas Baru LG Indonesia Dorong Konsumen Berbudaya Makan Sehat

Minggu, 27 September 2020 - 07:27 WIB
loading...
Kulkas Baru LG Indonesia Dorong Konsumen Berbudaya Makan Sehat
PT LG Electronics Indonesia meresmikan pemasaran kulkas LG LINEARCooling™ di pasar Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menjelang akhir kuartal ketiga 2020, PT LG Electronics Indonesia (LG) belum mengendurkan lajunya untuk memperkenalkan berbagai produk hasil inovasinya. (Baca juga: Google Assistant Tambahkan Fitur Ingatkan Pengguna Merawat Diri )

Terbaru, raksasa teknologi Korea Selatan ini meresmikan pemasaran kulkas LG LINEARCooling™. “Dengan keunggulan pada kemampuan mempertahankan kesegaran makanan lebih lama dan freezer lebih besar, kehadirannya sekaligus merupakan dukungan LG pada perluasan budaya makan sehat,” kata Rumbi Simanjuntak, Head of Product Marketing Home Appliance LG Electronics Indonesia.

Dari kapasitas total 335 liter, kulkas inverter LG itu memiliki freezer dengan kapasitas 123 liter. Terhitung nyaris membagi dua dengan kabin pendingin, rancangan freezer lebih besar ini dikatakan sengaja dibuat untuk memberikan keleluasaan pengguna menyimpan persediaan nutrisi bagi keluarga.

Hal ini, menurut Rumbi Simanjuntak, dibuat dengan pengamatan LG pada gaya hidup makan sehat yang semakin berkembang. “Seturut dengan gaya hidup sehat, freezer tak lagi hanya untuk menyimpan jenis makanan seperti daging dan ikan, namun juga potongan sayur untuk digunakan dalam jangka waktu lebih lama,” ucap Rumbi Simanjuntak.
Kulkas Baru LG Indonesia Dorong Konsumen Berbudaya Makan Sehat

Dengan memboyong freezer besar, LG LINEARCooling™ memiliki susunan unik yang menempatkan freezer pada bagian bawah. Sengaja dibuat demikian dengan pertimbangan kenyamanan penggunaan. Dengan tingkat kekerapan aktivitas membuka tutup pintu kulkas lebih tinggi pada bagian pendingin, menempatkan freezer di bawah akan membuat penggunanya tetap dalam posisi nyaman saat mengambil maupun menyimpan makanan di kabin pendingin.

Namun freezer besar dengan susunan unik ini belum mewakili seluruh keunggulan kulkas LG LINEARCooling™. Lebih dari itu, LG mengembangkan fitur yang mampu untuk lebih mempertahankan kestabilan sekaligus meratanya suhu dingin dalam kabin kulkas.

“Kunci menjaga kesegaran makanan bukan hanya terletak pada pendinginan. Namun lebih dari itu, hal ini terkait kestabilan suhu pada ruang penyimpanan. Ini yang membuat inovasi kulkas bergerak kembali dari sekedar membuat dingin, menjadi soal mempertahankan kesegaran makanan lebih lama dengan lebih stabilnya suhu penyimpanan,” paparnya.

Kemampuan menjaga kestabilan suhu ini penting, menurutnya, karena tanpa disadari aktivitas membuka pintu kulkas akan membuat suhu dingin terlepas dari kabin. Bahkan penelitian internal LG menemukan, sebuah keluarga dapat melakukan aktivitas membuka tutup pintu kulkas hingga lebih dari enam puluh kali dalam sehari. Aktivitas ini dilakukan tanpa tujuan untuk mengambil atau menyimpan bahan makanan.

Inovasi LG bagi penjagaan kestabilan suhu ini dilakukan dengan sistem pendinginan sekaligus pendistribusian aliran suhu dingin ini pada kabin penyimpanan kulkas LG LINEARCooling™. Yang dapat terlihat salahsatunya ada pada terapan beberapa titik hembusan udara dingin pada bagian paling belakang kabinnya. Penempatan beberapa titik pancar ini disusun untuk memastikan aliran udara dingin terdistribusi merata pada seluruh bagian dalam kulkas.
Kulkas Baru LG Indonesia Dorong Konsumen Berbudaya Makan Sehat

Tak hanya itu, LG juga menerapkan inovasinya yang dinamai DoorCooling+™. Secara kasat mata, inovasi ini berbentuk lubang aliran udara di tingkap atas kabin yang letaknya pada bagian depan paling dekat dengan pintu kulkas. Inovasi ini tak hanya menjadi dukungan untuk membuat suhu dalam kabin lebih merata, namun juga membuat kulkas terbaru LG ini lebih cepat dalam memulihkan kembali tingkat suhu yang diinginkan sebagai konsekuensi dari aktivitas membuka tutup pintu kulkas.

Dalam sebuah uji yang dilakukannya, kulkas LG LINEARCooling™ memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu dingin dengan fluktuasi 0,5%. “Rentang dinamika perubahan suhu yang kecil inilah yang membuat kulkas LG ini mampu mempertahankan kesegaran makanan lebih lama. Sebuah inovasi untuk mendukung kesehatan keluarga dengan memastikan kesegaran makanannya,” ujar Rumbi Simanjuntak.

Upaya LG dalam menjadikan kulkas LG LINEARCooling™ andal dalam mempertahankan kesegaran makanan pun dilakukan melalui sentuhan khusus pada rak penyimpanan buah atau sayur yang terletak di bagian bawah kabin pendingin. Hadir dengan nama Moist Balance Crisper™, terapan desain khusus pada penutup atas rak ini dirancang untuk dapat menangkap kelebihan kelembaban pada sayuran atau buah yang tersimpan dibawahnya.

"Penjagaan kelembaban inilah yang membuat sayur dan buah, terutama dengan kandungan air besar, dapat lebih terjaga kesegarannya," tambahnya.

Calon kulkas idola pada dapur keluarga modern ini dilego di kisaran harga Rp7 juta. (Baca juga: Banjir Baja Impor China Bisa Jegal Tekad Pemerintah Gunakan Produk Lokal )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2493 seconds (0.1#10.140)