Barisan Negara Asia yang Pernah Jalani Misi Tembus Luar Angkasa

loading...
Barisan Negara Asia yang Pernah Jalani Misi Tembus Luar Angkasa
Sejumlah negara Asia tak ingin hanya jadi penonton saat negara Barat dan Rusia mengeksplorasi Bumi. Foto/Ist
JAKARTA - Seperti diketahui, misi luar angkasa yang dilakukan oleh negara-negara di Bumi dimulai oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat. Barulah kemudian berbagai negara lainnya bertekad melakukan misi serupa, termasuk negara-negara di Asia. (Baca juga: Positif Corona di Kota Bogor Kembali Naik 25 Orang Sehari)

Meski misi tersebut dimulai oleh Negeri Barat, negara di kawasan Asia tak mau ketinggalan. Tidak sedikit negara di Asia yang berhasil ke luar angkasa.

Berikut ini beberapa negara di Asia yang pernah sukses melalukan penerbangan luar angkasa:

China
Sudah tak diragukan lagi Negeri Tirai Bambu berhasil menerbangkan misi luar angkasa. Pada Agustus lalu, China telah berhasil melakukan peluncuran satelit Observasi Bumi. Satelit yang diluncurkan Roket Long March 2D itu merupakan misi luar angkasa China ke-22, menambah laju percepatan program luar angkasa pada 2020.



Jepang
Negeri Matahari adalah negara yang juga tak mau ketinggalan menciptakan misi luar angkasa miliknya. Jepang pernah menerbangkan pesawat luar angkasanya bernama Hayabusa 2, untuk meneliti asteroid Ryugu di dekat Bumi.

Kemudian pada Februari lalu, Badan Antariksa Jepang, JAXA, mengumumkan bahwa negeranya siap meluncurkan misi ke salah satu bulan dari Planet Mars.

India
Negera selanjutnya yang pernah menempuh misi luar angkasa adalah India. Melalui pesawat luar angkasa Chandrayaan 2, India berupaya menjadi negara keempat yang mendaratkan pesawat ruang angkasa di Bulan. Pada 2022 mendatang, India berencana menjalankan misi luar angkasa pertamanya, yang dinamakan Gaganyaan.



Korea Selatan
Pada Juli lalu, Negeri Gingseng itu berhasil meluncurkan satelit komunikasi militer yang pertama miliknya ke luar angkasa. Peluncuran ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan.

Satelit militer bernama ANASIS-II dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan Korsel dalam mempertahankan diri menghadapi Korea Utara yang memiliki senjata nuklir.

Korea Utara
Pada 7 Februari 2016, Korea Utara diketahui berhasil meluncurkan satelit pengintai bernama Kwangmyongsong-4 (KWS-4). Selain itu, negara di bawah naungan Kim Jong Un ini juga berhasil melancarkan beberapa misi luar angkasa lainnya, seperti Satelit Geostasioner yang digunakan untuk keperluan telekomunikasi, peramalan cuaca, satelit televisi, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan komunikasi global. (Baca juga: Final, TSMC Hanya Bisa Kirim Kurang dari 9 Juta Prosesor Kirin 9000 ke Huawei)
(iqb)
KOMENTAR ANDA
preload video
Top