5 Tsunami Terdahsyat yang Pernah Terjadi Sepanjang Sejarah

Selasa, 29 September 2020 - 14:48 WIB
loading...
5 Tsunami Terdahsyat yang Pernah Terjadi Sepanjang Sejarah
Ilustrasi gelombang permukaan Laut naik. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Tsunami menjadi salah satu bencana alam yang paling mengerikan dan merusak. Bagaimana tidak, tingginya gelombang laut dapat mencapai puluhan meter, dan dapat menghancurkan serta menghapus kota-kota. BACA JUGA - Teliti Aktivitas Seismic Gap, ITB Ungkap Potensi Gempa Besar dan Tsunami di Selatan Pulau Jawa

Tsunami sendiri merupakan gelombang laut tinggi yang biasanya disebabkan oleh gempa bumi bawah laut atau gangguan seperti letusan gunung berapi.

BACA JUGA - Ancaman Tsunami 20 Meter, BMKG Minta Mitigasi Bencana Terburuk Dipersiapkan

Dikutip dari laman Wonderslist, Selasa (29/2/2020), tercatat ada beberapa tragedi tsunami terbesar yang pernah terjadi sepanjang sejarah.

BACA JUGA - LIPI Angkat Suara Soal Temuan Potensi Tsunami 20 Meter di Indonesia

1. Tsunami Samudra Hindia 2004

Pada 26 September 2004, gempa bumi dengan kekuatan 9,1 skala richter terjadi di bawah pantai Pulau Sumatera, Indonesia.

Gempa tersebut dirasakan di banyak negara seperti Bangladesh, India, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Malaysia dan Maladewa.

Kemudian, dalam kurun waktu 7 jam, tsunami mematikan terjadi. Tsunami ini disebabkan oleh gempa bumi bawah laut hingga mencapai Samudra Hindia

Tsunami ini diperkirakan menewaskan 225.000 orang dan menyebabkan kerusakan besar-besaran. Ribuan turis yang sedang berlibur saat tsunami tewas atau dilaporkan hilang. Korban meningkat karena kekurangan makanan, air bersih dan persediaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3015 seconds (0.1#10.140)