Ini Jawaban Kenapa Setiap Dealer Mobil Bisa Beri Diskon Berbeda

loading...
Ini Jawaban Kenapa Setiap Dealer Mobil Bisa Beri Diskon Berbeda
Seorang konsumen tengah berkunjung ke dealer Suzuki FOTO / DOK Suzuki Indomobil Sales
JAKARTA - Pembeli mobilkerap dimanjakan dengan diskon besar yang diberikan oleh dealer mobil. Pertanyaanya kenapa para dealer itu nekat memberikan diskon yang jumlah besar bahkan ada juga yang jumlah diskonnya berbeda-beda, untung atau rugikah?

Donny Saputra, Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, diskon yang diberikan dealer umumnya merupakan potongan dari penerimaan margin yang diterima dealer dalam komponen penetapan harga pokok produksi (HPP).

Dia melanjutkan awalnya dalam penentuan HPP, produsen mobil biasanya mendasarkan pada tiga komponen yakni biaya produksi, regulasi dan kompetisi. Biaya produksi adalah biaya yang ditentukan dalam memproduksi mobil mulai dari biaya perakitan, biaya listrik yang digunakan dan sebagainya. (Baca juga : Ekonomi RI Minus, Bos OJK : Tidak Berlebihan untuk Tetap Bersyukur)Setelah itu komponen yang menentukan jumlah HPP adalah kompetisi. Dimana produsen mobil akan melihat segmentasi mobil yang mereka buat. Mobil apa yang berada di segmen tersebut dan berapa harganya serta promo-promo apa saja yang diterapkan oleh kompetitor.

"Komponen terakhir adalah regulasi dimana harga tersebut juga akan terpengaruh oleh regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah usat maupun daerah. Misalnya regulasi PPnBM. Nah, harga yang sudah sudah dikenai PPnBM itu adalah harga tebus dealer," terang Donny.



Dari dealer kemudian harga akan berubah lagi karena adanya perhitungan margin yang akan diterima dealer. Selain itu ada juga ongkos biaya kirim dan biaya Bea Balik Nama (BBN). "Setelah itu semua jadilah harga On The Road," jelasnya lagi.

Nah diskon yang diberikan oleh dealer itu umumnya mengorbankan komponen margin yang diterima dealer. Jadi masing-masing dealer tentu memiliki perhitungan sendiri-sendiri sampai sejauh mana mereka mau mengorbankan margin dealer yang mereka terima dari mobil yang mereka jual.

Alhasil diskon yang mereka berikan otomatis sering berbeda. Jadi tinggal konsumen saja yang lebih lihai lagi dalam memanfaatkan kemampuan mereka dalam bernegosiasi. (Baca juga: Katanya Bisa Nge-game, Ini Lima Ponsel Android Rp2 Jutaan yang Patut Dilirik)
(wsb)
KOMENTAR ANDA
Top