Dilengkapi Alat-Alat Canggih, Satgas Intelijen Medis BIN Siaga Perangi COVID-19

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 16:05 WIB
loading...
Dilengkapi Alat-Alat Canggih, Satgas Intelijen Medis BIN Siaga Perangi COVID-19
Satgas Intelijen Medis BIN terus disiagakan untuk digerakkan ke daerah-daerah Indonesia . FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejak dibentuk pada April 2020, Satgas Intelijen Medis BIN telah melakukan kontribusi terhadap penanganan Covid-19 di Indonesia. Satgas Intelijen Medis telah melakukan beberapa kali rapid test di berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari Surabaya, Jakarta Selatan,Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta utara, Yogyakarta, Bekasi, Bandung, dan yang terakhir berada di Semarang.

Satgas Intelijen Medis BIN terus disiagakan untuk digerakkan ke daerah-daerah Indonesia yang memerlukan bantuan penguatan dalam menangani kasus Covid-19. (Baca juga: Studi 35 Tahun: Kekebalan Manusia Terhadap Virus Corona hanya Sebentar )

Deputi VII BIN Wawan Purwanto menginformasikan kekuatan personel Satgas intelijen Medis BIN yang selalu siagakan berjumlah 97 personel dengan komposisi terdiri dari 6 orang Dokter, 15 orang Analisis Kesehatan, 33 orang Perawat, 11 orang Administrasi Kesehatan, 22 orang Pengemudi serta 10 orang Operator Komunikasi, dibawah Pimpinan dokter Sri Wulandari.(Baca juga: Bupati Semarang Dipecat, Gerbong PDIP Bulat Dukung Ngebas )

Sedangkan peralatan PCR (Polymerase Chain Reaction) yang siagakan Satgas terdiri dari 4 unit Mobile Laboratorium dengan peralatan didalamnya terdiri dari Bio Safety Cabinet (BSC), Thermo Scientific TSC Series (Freezer) Thermomixer, Rotor-Gene Q, Centrifigue 5424 R, Mikropipet, dan wastafel pencuci tangan. Keakuratan PCR Test yang digunakan Satgas Intelijen BIN mampu mendeteksi ketepatan hasil 70 hingga 100 persen dengan kemampuan kapasitas uji swab hingga 1.248 sample per hari.

Selain peralatan labolatorium canggih,Satgas Intelijen Medis BIN juga dilengkapi dengan helm Thermal KC Wearable yang dapat digunakan untuk mendeteksi suhu tubuh seseorang dari jarak 10 meter, sehingga petugas tidak perlu lagi melakukan kontak fisik dengan para peserta rapid test. Helm Thermal KC Wearable juga bisa disambungkan ke monitor agar orang tersebut dapat langsung melihat suhu tubuhnya di monitor.

Selain peralatan yang disebutkan diatas, Satgas Intelijen Medis BIN juga dilengkapi dengan 1 unit Laboratorium Bus, 1 unit Rapid Test Drive Thru. 1 Laboratorium stationer, 2 unit kendaraan disinfektan ukuran besar, 2 unit kendaraan disinfektan kecil, 5 unit Ambulance, Baju APD, Masker N95, Sarung tangan, Dacron dan VTM (alat untuk swab test), Rapid Test Kit (alat untuk Rapid Test), tablet disinfektan, reagen Covid-19 , Thermal Fever Scanner, serta Rapid Test Antigen.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)