Gerah Android Dijebol Hacker, Google Razia Software Ponsel Semua Merek

Minggu, 04 Oktober 2020 - 22:10 WIB
loading...
Gerah Android Dijebol Hacker, Google Razia Software Ponsel Semua Merek
Target audiens sistem operasi dari Google sangat besar dan vendor terbesar berusaha untuk meningkatkan Android dengan cara mereka sendiri. Ini menyulitkan Google mengamankan OS-nya. Foto/Ist
A A A
MOUNTAIN VIEW - Peneliti di Google akan menganggap serius pencarian bug dan kerentanan dalam perangkat lunak pada perangkat OEM. Android telah lama mendapatkan citra sistem operasi yang penuh dengan bug dan kerentanan. Banyaknya kerentanan, bug, dan risiko peretasan yang konstan membuat pengguna memandang sinis smartphone berbasis Android. (Baca juga: AS Serius Eksplorasi Bulan, Ini Gambar 3D Kompleks Perumahannya )
Gerah Android Dijebol Hacker, Google Razia Software Ponsel Semua Merek

Tapi tidak semuanya bergantung pada Google. Ada banyak perangkat Android di pasaran yang memiliki karakteristik, harga, dan pabrikan yang berbeda. Target audiens sistem operasi dari Google sangat besar dan vendor terbesar berusaha untuk meningkatkan Android dengan cara mereka sendiri. Tetapi seringkali tidak semua antarmuka pengguna dan aplikasi pihak ketiga mendapatkan keuntungan dari keamanan "robot hijau".

Oleh karena itu, insinyur Google memutuskan untuk mulai meneliti perangkat lunak pabrikan ponsel cerdas untuk kesalahan yang dapat memengaruhi keamanan Android.
Gerah Android Dijebol Hacker, Google Razia Software Ponsel Semua Merek

Inisiatif ini disebut Android Partner Vulnerability Initiative (APVI) dan tim peneliti telah mengidentifikasi sejumlah masalah yang telah dilaporkan ke OEM. Secara khusus, kita berbicara tentang perusahaan Samsung, Huawei, Oppo, Vivo, Meizu dan ZTE.

Sayangnya, dalam beberapa kasus tidak ada reaksi dan sejumlah kerentanan tidak pernah diperbaiki. Untuk bagiannya, Google telah membuat situs khusus di mana mereka akan mempublikasikan informasi tentang lubang yang teridentifikasi.
Gerah Android Dijebol Hacker, Google Razia Software Ponsel Semua Merek

Android 11 Memiliki Beberapa Bug yang Mengganggu
Versi resmi Android 11 sekarang tersedia tapi ini bukan sistem yang "sempurna" tanpa bug. Menurut laporan terbaru, pengguna mengalami bug yang merusak multitasking pada sistem ini.

Bug merusak kemampuan pengguna untuk menggeser ke atas dan melihat aplikasi yang baru-baru ini digunakan. Ini adalah fitur yang sangat populer bagi banyak pengguna smartphone, sehingga tidak bisa luput dari perhatian.

Bahkan, terkadang smartphone berkedip hitam dengan efek zoom yang aneh. Ini mencegah pengguna membuka aplikasi lebih jauh. Kesalahan multitasking muncul di semua perangkat Pixel yang diperbarui ke Android 11, termasuk Pixel 2, 3, 4, dan bahkan Google Pixel 4a.
Gerah Android Dijebol Hacker, Google Razia Software Ponsel Semua Merek

Masalah ini tampaknya menjadi masalah yang tersebar luas dan ada laporan di berbagai platform. Laman Giz China melaporkan telah melihat keluhan di Reddit, Forum Komunitas Pixel, dan bahkan Forum Dukungan Android 11.

Apakah ada perbaikan cepat untuk masalah ini? Ya, beberapa pengguna untuk sementara "memecahkan" masalah ini hanya dengan mengunci dan membuka kunci perangkat mereka. Ini bukan solusi jangka panjang karena masalah tersebut muncul kembali.

Menurut laporan, ini bukan pertama kalinya masalah itu merusak sistem Android 11. Masalah ini sudah jelas -meskipun mengingat sistem telah dalam pratinjau pengembang, bug diharapkan terjadi. Namun demikian, versi stabil Android 11 yang baru dirilis tidak menyelesaikan masalah ini.

Untungnya, Forum Dukungan Android 11 (IssueTracker), Google ada di atas masalah ini. Perusahaan akan merilis perbaikan di pembaruan berikutnya. (Baca juga: Bakal Diguyur Rp22 Triliun, Bos Jiwasraya Sesumbar Bisa Selamatkan Nasabah )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)