Mengetahui Pentingnya Satelit melalui Festival Sains Antariksa 2020

Rabu, 07 Oktober 2020 - 10:06 WIB
loading...
Mengetahui Pentingnya Satelit melalui Festival Sains Antariksa 2020
Ilustrasi satelite FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melalui Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) kembali mengadakan kegiatan Festival Sains Antariksa (FSA). (Lihat Juga Infografis: Corona Dilawan dengan Cuci Tangan ).

FSA merupakan kegiatan tahunan Pussainsa yang diselenggarakan dalam rangka memperingati World Space Week. (

).

Pussainsa LAPAN berperan dengan menyosialisasikan hasil litbang keantariksaan kepada masyarakat dan kalangan pendidikan, yang diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang alam semesta.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Pussainsa menggelar FSA 2020 dengan menggunakan konsep daring. Hal ini mengingat pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia dan seluruh dunia.

Tema yang diusung tahun ini adalah “Satellite for Better Life”. Tema tersebut diadopsi dari tema umum World Space Week, yaitu “Satellites Improve Life”.

Melalui kegiatan ini masyarakat bisa mengetahui pentingnya satelit dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam komunikasi, pemantauan lingkungan, transportasi, peramalan cuaca, telemedis, sains, dan dalam banyak hal lainnya.

Acara puncak kegiatan Festival Sains Antariksa 2020 berlangsung 7 Oktober mendatang, melalui webinar keantariksaan dengan judul Pemanfaatan Satelit: Peluang dan Tantangan Sains Antariksa untuk Masa Depan.

Pada kegiatan webinar ini juga akan disampaikan pemenang lomba-lomba festival dan juga pemenang lomba KIBO Robotic Challenge 2020 yang sudah diselenggarakan sebelumnya, serta peluncuran Web Sky Quality Meter (SQM).

Diharapkan melalui berbagai kegiatan Festival Sains Antariksa tahun 2020 ini dapat menarik antusiasme generasi muda untuk mengenal lebih dekat lagi mengenai bidang sains keantariksaan.

(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)