Hari ini Mars Sangat Dekat dengan Bumi, Bisa Disaksikan Langsung

Selasa, 06 Oktober 2020 - 16:07 WIB
loading...
Hari ini Mars Sangat Dekat dengan Bumi, Bisa Disaksikan Langsung
Ilustrasi planer bumi. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Bagi penghuni Bumi bersiaplah karena Planet Mars akan berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi hari ini 6 Oktober 2020. (Baca juga: Dibohongi DPR, 10 Ribu Buruh Bekasi Gelar Aksi Mogok Kerja )

Pada titik terdekatnya, Mars hanya berjarak 62,1 juta kilometer dari Bumi. Ini merupakan jarak terdekat Mars dengan Bumi dalam 15 tahun ke depan, seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (6/10/2020).

Saat berada di jarak terdekatnya, pengamatan bintang sangat disarankan karena Mars akan terlihat begitu terang, besar dan mudah dilihat dengan atau tanpa teleskop. Baca juga: Di Masa Depan, Layar Ponsel Bukan Lagi Kaca tapi Kayu Transparan )

Manusia di Bumi dapat melihat Mars dengan mata telanjang karena cahaya Mars menjadi yang paling terang di langit malam, seperti bintang yang menerangi langit. Dan jika beruntung, masyarakat Bumi juga dapat melihat Jupiter dan Saturnus yang bersinar terang lebih dekat ke cakrawala.

Pertemuan terdekat yang mungkin terjadi adalah ketika Bumi berada paling jauh dari Matahari (aphelion) dan Mars paling dekat dengan Matahari (perihelion).

Pada titik ini jarak keduanya paling sedikit 54,6 juta kilometer. Konfigurasi ini disebut oposisi, dan itu terjadi setiap dua tahun atau lebih.

Fenomena ini diprediksi akan terulang kembali pada bulan September 2035, di mana kedua planet itu akan berada dalam posisi terdekatnya, yaitu 56,9 juta kilometer.

Artinya, lebih dekat daripada yang terjadi sekarang. Namun, jarak keduanya tahun ini bukan sebagai yang terdekat. Pada 2003 lalu menjadi jarak terdekat antara Mars dan Bumi yakni 55,7 juta kilometer.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)