Danone Aqua Terapkan Inovasi Tenaga Surya untuk Lingkungan

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 13:15 WIB
loading...
Danone Aqua Terapkan Inovasi Tenaga Surya untuk Lingkungan
Danone Aqua menerapkan inovasi di pabriknya di Klaten, Jawa Tengah. Foto/dok
A A A
KLATEN - Danone Aqua menerapkan inovasi di pabriknya di Klaten, Jawa Tengah. Danone menggandeng Pemerintah Jawa Tengah bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah untuk meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap secara virtual di pabrik Danone-AQUA tersebut.

Pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik (PV) yang dikembangkan, dibangun, dan dioperasikan oleh Total Solar Distributed Generation (DG) Southeast Asia tersebut. (Baca: Keajaiban Surah Al-Fatihah Menyembuhkan Penyakit dan Penawar Racun)

Pembangunan PLTS Atap juga merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Jawa Tengah untuk mengembangkan energi bersih dan terbarukan, diantaranya dengan mengutamakan penggunaan energi surya.

Dihadiri (secara virtual) oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Harris Yahya; dan Sekertaris Direktorat Jenderal Industri Agro, Kementrian Perindustrian, Emil Satria, saat peresmian, beberapa waktu lalu juga sebagai refleksi satu tahun komitmen Pemerintah Jawa Tengah untuk menjadi provinsi bertenaga surya pertama di Indonesia.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, juga sangat mendukung pembangunan PLTS Atap, hal ini ditandai dengan diterbitkannya Surat Edaran perihal Implementasi PLTS Atap, dengan menghimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kepada beberapa perusahaan swasta di Jawa Tengah untuk membangun PLTS Atap di institusinya masing-masing. (Lihat videonya: Pedagang tanaman Hias Raup Untung Ditengah Pandemi Covid-19)

Dr. Ir. Sujarwanto Dwi Atmoko, M.Si., Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah dan juga Pejabat Sementara Bupati Klaten mengatakan, “kami memiliki komitmen kuat untuk mengatasi masalah perubahan iklim dengan menerapkan energi bersih dan terbarukan, termasuk dengan memprioritaskan penggunaan energi surya,” imbuhnya.

Corine Tap, Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA) mengatakan menyambut baik kerjasama ini sebagai mitra aktif pemerintah dalam menerapkan energi bersih dan terbarukan merupakan salah satu prioritas sesuai dengan visi global perusahaan, One Planet One Health. (Mg1)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)