Apple Siapkan Ponsel Lipat yang Diklaim Bisa Sembuh Sendiri

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 15:01 WIB
loading...
Apple Siapkan Ponsel Lipat yang Diklaim Bisa Sembuh Sendiri
Ilustrasi kantor Apple. FOTO/ IST
A A A
MENLO PARK - Kabar mengenai ponsel lipat memang selalu menarik untuk diikuti. Belakangan pabrikan ponsel Android sudah banyak yang merilis ponsel lipat-nya masing-masing.

Dalam paten yang diajukan Januari lalu, disebutkan bahwa perangkat rancangan Apple memiliki teknologi layar yang bisa "sembuh sendiri" alias "self-healing" apabila tergores atau terbentur. BACA JUGA - Raisa Bikin Was-Was Massa Aksi Demo Tolak UU Cipta Kerja

Seperti yang ditulis Apple dalam aplikasi paten, tampilan konsep yang diusulkan akan memungkinkan perangkat untuk memperbaiki dirinya sendiri tanpa campur tangan pengguna secara manual.

Secara teori, teknologi tersebut sama sepeti ketika ponsel sedang diisi baterai. Rahasianya terletak pada lapisan khusus yang melindungi bagian terluar dari layar, demikian dikutip dari The Verge, Jumat (9/10/2020),

Aplikasi paten juga mengatakan bahwa lapisan penutup layar perangkat ini mencakup lapisan elastomer yang dapat kehilangan dan mendapatkan kembali bentuknya untuk menjaga perlindungan bagian dalam perangkat yang sensitif.

Bahan untuk konsep seperti ini akan membuat keseluruhan sampul layar yang dapat dilipat lebih tahan lama.

Konsep layar yang bisa sembuh sendiri sebenarnya tidak benar-benar baru. Pada 2013, smartphone LG G Flex sudah menerapkan teknologi semacam ini, tapi di bagian cover belakang.

Punggung LG G Flex ketika itu bisa self-healing apabila mengalami kerusakan minor, seperti goresan. Namun, itu rupanya tidak terlalu efektif.

Sejauh ini, belum ada indikasi bahwa Apple akan segera meluncurkan ponsel lipat dengan bahan self-healing. Tetapi ponsel yang dapat dilipat adalah sesuatu yang Apple tampaknya telah siapkan bertahun-tahun.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)