Simpanan Pejabat dan TNI, Land Cruiser Pernah Dibikin di Priok

Minggu, 11 Oktober 2020 - 19:33 WIB
loading...
Simpanan Pejabat dan TNI, Land Cruiser Pernah Dibikin di Priok
Toyota Land Cruiser FJ40. FOTO/ Lofy
A A A
JAKARTA - Kabar akan dihentikannya produksi Toyota Land Cruuiser mengejutkan banyak pihak termasuk bagi pecintanya di Indonesia. Pasalnya mobil ini banyak dikoleksi pejabat dan TNI pernah dirakit di TanjunG Priok Jakarta Utara.

BACA JUGA- Susul Kematian Mitsubishi Pajero, Toyota Siap Bunuh Land Cruiser


Sejarah Toyota Land Cruiser lahir dari prototipenya yang dikembangkan sejak tahun 1951 oleh Toyota Motor Corporation di Jepang.

. BACA JUGA - Musim Vespa Matik, Suzuki Hadirkan si Bahenol Berkaburator 2020

Lalu, pada tahun 1954, nama Land Cruiser mulai dikenalkan Toyota secara resmi dan langsung memiliki kompetitor di Inggris dengan nama Land Rover. Keduanya terus berkompetisi dengan produk mobil SUV tangguh hingga saat ini.

Dalam kode bahasa desain Toyota, mobil ini memiliki kode J. Kode FJ40 berarti mobil ini adalah Toyota seri J (Land Cruiser) dengan mesin seri F generasi 4 dengan model bodi 0.

Sejarah Toyota Land Cruiser menggambarkan banyaknya seri dan perkembangan yang ada di mobil ini. Pada tahun 1951-1955 seri Toyota Land Cruiser di awal kemunculannya dikenal sebagai BJ dan FJ.

Masuk dalam keluaga seri 40, sejarah Toyota Land Cruiser ini berawal dari rombongan pejabat militer Indonesia yang mengunjungi Jepang pada tahun 1960 dan terpesona dengan mobil ini. Kala itu FJ40 jadi kendaraan militer Jepang.

Pemerintah Indonesia pun akhirnya mengimpor mobil ini untuk kendaraan operasional Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Saat itu, mobil ini terkenal dipakai oleh Resimen Tjakrabirawa, pasukan yang bertugas khusus menjaga keamanan Presiden RI pada zaman pemerintahan Soekarno.

Sekarang, pasukan ini lebih dikenal dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8040 seconds (0.1#10.140)