Lawan R6 dan CBR 600, Aprilia RS660 Siap Masuk Dapur Produksi

Senin, 12 Oktober 2020 - 11:22 WIB
loading...
Lawan R6 dan CBR 600, Aprilia RS660 Siap Masuk Dapur Produksi
Aprilia RS660. FOTO/ ST
A A A
Aprilia RS660 yang diperkenalkan di gelaran Esposizione Internazionale del Ciclo, Motociclo, Accessori) EICMA 2019 di Milan, Italia siap masuk dapur produksi. BACA JUGA - Simpanan Pejabat dan TNI, Land Cruiser Pernah Dibikin di Priok

Kepastian itu mencuat usai Aprilia memperlihatkan gambar tampang sangar RS660 versi produksi akan dihadirkan dalam ajang pameran yang dibuka pada 5 November mendatang. (Baca juga: Gunakan Teknologi Helikopter, Aprilia Hadirkan Tuono V4 1100)

Dari gambar yang beredar, Aprilia sepertinya masih mempertahankan desain yang tak jauh berbeda dengan bentuk konsepnya.

Dilansir dari Visordown, Aprilia RS600 menggunakan mesin berkapasitas 660 cc dengan konfigurasi twin pararel yang diadopsi dari Aprilia RSV4. Motor ini sendiri ditargetkan akan menjadi rival bagi Kawasaki ZX-6R, MV Agusta F3, dan Yamaha R6. (Baca juga: Tuntaskan Dendam, Vinales Libas Marquez di GP Malaysia)

Di segi desain, RS660 mengusung tampilan yang sangat agresif dan sporty. Selain itu, di bagian fairing depan juga sudah disematkan sepasang winglet. Menarik untuk ditunggu kejutan apa yang akan dihadirkan oleh Aprilia.

Mesin Aprilia V4 saat ini mendukung dua model, RS dan Tuono. Tanda-tanda menunjukkan hal itu dengan peluncuran "Konsep" RS 660 dan Tuono 660.

Tuono 660 adalah versi semi-faired, detuned dari RS. Model ini diharapkan menggunakan bingkai aluminium twin-spar ringan yang sama dengan RS, unit memiliki setang yang lebih tinggi, kursi boncengan, dan kaki penumpang yang menghasilkan kinerja yang lebih ramah lingkungan.

Motor dibekali garpu terbalik 41mm Kayaba dan goncangan yang dapat disetel. Ditambah perangkat rem Brembo, juga diperkirakan akan ikut terbawa dari model RS tanpa perubahan.
Semuanya yang Kita Tahu tentang Motor Aprilia Tuono 660
RS 660 memiliki bobot 372 pound, tapi kita tidak tahu pasti bagaimana Tuono akan membandingkannya. RS lebih berorientasi pada jalan sehingga ada kemungkinan lebih ringan daripada Tuono yang membuatnya lebih fokus pada kinerja.

Karena Tuono adalah versi "strip-down" dari RS, ada juga kemungkinan motor bakal lebih ringan. Itu satu spesifikasi yang belum kita ketahui dari pabrikan.

Sedangkan untuk mesinnya, Tuono akan menggunakan versi crankshaft 270 derajat, 660cc, kembar paralel. Ini akan menghasilkan 95 tenaga kuda, bukan 100 tenaga seperti di RS dan bahkan ada pembicaraan tentang iterasi 45 tenaga kuda untuk menjadikannya ramah bagi pemula di daratan Eropa.

Aprilia memuat RS dengan banyak fitur teknologi yang biasanya ditemukan pada sepeda kelas atas. Sebut saja ABS menikung, kontrol traksi, mode berkendara, shifter cepat, pengereman engine, dan kontrol wheelie. Paket ini diharapkan akan ikut ditawarkan pada Tuono 660.

Diharapkan Aprilia Tuono 660 akan mencapai produksi menjelang akhir tahun, kemungkinan pada EICMA 2020.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3596 seconds (0.1#10.140)