Tahun Pandemi, Indonesia Tetap Dibanjiri 63 Mobil Baru

Senin, 12 Oktober 2020 - 15:20 WIB
loading...
Tahun Pandemi, Indonesia Tetap Dibanjiri 63 Mobil Baru
Sebanyak 63 mobil baru sudah meluncur ke pasar otomotif Indonesia. Foto / IST
A A A
JAKARTA - PasarotomotifIndonesia ternyata sudah dibanjir 63mobilbaru sepanjang tahun pandemi ini. Puluhan mobil itu dihadirkan oleh Agen Pemegang Merek (APM) resmi maupun importir umum. Salah satu importir umum yang masih giat berbisnis di tahun ini adalah Prestige yang pada tahun ini sudah menghadirkan duamobilistimewa, Lamborghini Huracan EVO AWD dan Toyota Century. Seperti Prestige, Hascar tahhun ini mencoba menawarkan mobil mewah ke konsumen Indonesia di tengah pandemi dengan menghadirkan Jeep All New Cherokee.

Tidak hanya Prestige dan Hascar yang masih giat berbisnis. APM lainnya terutama yang fokus padamobilmewah memang sangat ulet dalam menjajakan mobil mereka. Ambil contoh BMW Group Indonesia yang memegang merek BMW dan MINI yang pada tahun ini total menghadirkan 16mobilbaru. Keduanya merupakan gabungan dari merek BMW dan MINI.(Baca juga : Keren, Mobnas Vietnam Sudah Berhasil Jual 14.572 Unit Mobil )

Tak kalah gencar dengan BMW, Mercedes-Benz Indonesia juga cukupall-outmembawa model baru. Dalam catatanSindonews, mereka menghadirkan 12 mobil baru.

Mobil-mobiL mewah memang cukup dominan di sepanjang tahun ini. Selain BMW, MINI dan Mercedes-Benz, mobil mewah lainnya yang masih berdenyut adalah Audi dan Lexus. Tahun ini Audi menghadirkan Audi A6 terbaru dan AUdi Q3 anyar. Sementara Lexus baru menghadirkan satu model saja yakni Lexus LM350 yang bentuknya seperti Toyota Alphard.

Beberapa produsen mobil mewah lainnya yang hanya menghadirkan satu unit mobil baru adalah Rolls-Royce dengan Rolls-Royce Ghost, Maserati yang menghadirkan Maserati MC20 dan Porsche Indonesia yang membawa Porsche Cayenne S Coupe.

Tidak bisa dipungkiri mobil-mobil mewah memang begitu dominan hadir meramaikan pasar Indonesia. Lebih dari setengah jumlah total mobil baru yang ada di Indonesi datang dari segmen mobil premium.

Lalu bagaimana dengan mobil-mobil lainnya? Diluar pemain segmen premium, PT Toyota Astra Motor (TAM) jadi pabrikan yang paling rajin merilis produk baru. Jika Toyota Innova dan Toyota Fortuner facelift yang dirilis pada 15 Oktober nanti dihitung maka Toyota sudah menghadirkan enam mobil baru. Selain dua mobil tadi, mereka telah meluncurkan Toyota Yaris baru, Toyota Corolla Cross, Toyota Prius PHEV dan Toyota Hilux.(Baca juga : Ini Dia Teknologi Otomotif yang Mencoba Mengatasi Covid-19 )

Sayangnya di antara lima besar penjual mobil di Indonesia, hanya Toyota yang sangat rajin menghadirkan mobil baru. Daihatsu sudah berkomitmen tidak meluncurkan model baru tahun ini. Honda justru baru meluncurkan satu mobil yakni Honda Civic Hatchback RS. Itu pun dilakukan sebelum pandemi Covid-19 menerpa Indonesia. Suzuki cukup menggeliat karena sudah menghadirkan tiga produk yakni Suzuki XL, Suzuki Carry Pickup Luxury dan Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition.

Bagaimana dengan Mitsubishi? Mitsubishi justru hingga kini sama seperti Daihatsu belum mengeluarkan produk yang benar-benar baru. Hanya saja Daihatsu sedikit lebih inovatif karena kembali menghadirkan varian Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition yang pernah diluncurkan pada 2019. Produk terbatas itu bahkan langsung ludes. Sebanyak 600 unit Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition sudah berpindah tangan ke konsumen.

Namun untuk yang benar-benar baru, Mitsubishi justru belum mengumumkan secara resmi hingga kini. Hanya saja tersiar kabar jika Mitsubishi akan segera meluncurkan dua produk baru minggu depan. Masih belum jelas produk apa yang diluncurkan hanya saja spekulasi mengatakan produk itu itu antara Mitsubishi Pajero Sport facelift atau Mitsubishi Xpander facelit atau varian baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)