Duel Maut Ponsel Baru di Segmen Menengah Atas, realme 7 Pro vs vivo V20

loading...
Duel Maut Ponsel Baru di Segmen Menengah Atas, realme 7 Pro vs vivo V20
Smartphone kelas menengah semakin mendekati ponsel flagship baik dari sisi spesifikasi maupun desain. Ini terlihat dari kehadiran realme 7 Pro dan vivo V20. Foto/Ist
JAKARTA - Ponsel mid-class atau pengisi kelas menengah menjadi semakin baik, bahkan makin tipis batasannya dengan smartphone flagship. Inilah yang tercermin dari kehadiran vivo melalui V20 yang dirilis akhir September kemarin, dan realme7 Proyang baru saja dirilis.

Keduanya menjadi smartphone pengisi kelas menengah atas dengan kisaran harga yang sama, yakni sekitar Rp5 juta. Bukan hanya itu, spesifikasi dan fitur di dalamnya pun terbilang seimbang.

Nah, bagi Anda yang memang sedang mencari smartphone terbaik di kocek Rp5 jutaan, kedua smartphone itu memang bisa menjadi dua pilihan seksi yang boleh dipertimbangkan. Berikut kami mencoba membantu untuk "mengadu domba" realme 7 Pro vs vivo V20dari beberapa poin penilaian, yuk disimak.

Desain
Urusan desain memang tergantung mata si pemiliknya alias subjektif. Namun kami mencoba mengambil dari sisi penggunaannya dan membiarkan rupa kembali kepada Anda untuk menilai.
Duel Maut Ponsel Baru di Segmen Menengah Atas, realme 7 Pro vs vivo V20

Realme 7 pro memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dan bobot lebih berat. Handphone sedikit lebih tinggi dan tebal. Bobot realme 7 Pro lebih berat 10 gram atau tepatnya 170 gram versus (vs) 180 gram.



Tetapi keduanya masih nyaman digenggam di tangan. Ini karena sudut-sudut membulat meski material yang digunakan keduanya terbilang premium.
Duel Maut Ponsel Baru di Segmen Menengah Atas, realme 7 Pro vs vivo V20

Untuk daya tahan, realme berani mengatakan smartphone realme 7 Pro telah lulus verifikasi tahan uji TUV Rheinland. Mereka mengatakan, Verifikasi Tahan Uji Smartphone TUV Rheinland berisi 23 pengujian utama dan 72 pengujian kecil, yang mencakup banyak skenario penggunaan umum. Pada intinya realme telah meningkatkan uji kualitas untuk lebih meningkatkan keandalan handphone dipakai sehari-hari.

Layar
Kedua smartphone sudah menggunakan panel layar Super AMOLED yang ukurannya juga terbilang sama yaitu 6,4 inci. Resolusinya juga sama yaitu Full HD+ dengan angka 1080 x 2400 piksel. Kesamaan ini berlanjut di tingkat refresh rate sebesar 60Hz dan kerapatan piksel sama-sama di kisaran 400ppi dan keberadaan kamera selfie in-display.

Perbedaan di sisi layar adalah vivo V20 menggunakan model poni sementara realme 7 Pro menggunakan layar punch-hole dengan sebuah kamera depan tertanam dalam layar.



Performa
Baik realme 7 Pro dan vivo V20 sama-sama menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon seri 7. Hanya realme 7 Pro mengusung jenis Snapdragon 720G dan v20 dengan Snapdragon 765G. Ini menyebabkan keduanya memiliki kekuatan komputasi yang mirip-mirip.
Duel Maut Ponsel Baru di Segmen Menengah Atas, realme 7 Pro vs vivo V20

Chipset tersebut turut dilengkapi dengan GPU Adreno 618 untuk realme 7 Pro dan Adreno 620 untuk vivo V20. Jadi jika mencari pemenang, V20 sedikit lebih unggul ketimbang realme 7 Pro tapi tidak signifikan.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR ANDA
Top