Duel Maut Ponsel Baru di Segmen Menengah Atas, realme 7 Pro vs vivo V20

Kamis, 15 Oktober 2020 - 09:15 WIB
loading...
Duel Maut Ponsel Baru di Segmen Menengah Atas, realme 7 Pro vs vivo V20
Smartphone kelas menengah semakin mendekati ponsel flagship baik dari sisi spesifikasi maupun desain. Ini terlihat dari kehadiran realme 7 Pro dan vivo V20. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ponsel mid-class atau pengisi kelas menengah menjadi semakin baik, bahkan makin tipis batasannya dengan smartphone flagship . Inilah yang tercermin dari kehadiran vivo melalui V20 yang dirilis akhir September kemarin, dan realme7 Pro yang baru saja dirilis.

Keduanya menjadi smartphone pengisi kelas menengah atas dengan kisaran harga yang sama, yakni sekitar Rp5 juta. Bukan hanya itu, spesifikasi dan fitur di dalamnya pun terbilang seimbang.

Nah, bagi Anda yang memang sedang mencari smartphone terbaik di kocek Rp5 jutaan, kedua smartphone itu memang bisa menjadi dua pilihan seksi yang boleh dipertimbangkan. Berikut kami mencoba membantu untuk "mengadu domba" realme 7 Pro vs vivo V20 dari beberapa poin penilaian, yuk disimak.

Desain
Urusan desain memang tergantung mata si pemiliknya alias subjektif. Namun kami mencoba mengambil dari sisi penggunaannya dan membiarkan rupa kembali kepada Anda untuk menilai.
Duel Maut Ponsel Baru di Segmen Menengah Atas, realme 7 Pro vs vivo V20

Realme 7 pro memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dan bobot lebih berat. Handphone sedikit lebih tinggi dan tebal. Bobot realme 7 Pro lebih berat 10 gram atau tepatnya 170 gram versus (vs) 180 gram.

Tetapi keduanya masih nyaman digenggam di tangan. Ini karena sudut-sudut membulat meski material yang digunakan keduanya terbilang premium.
Duel Maut Ponsel Baru di Segmen Menengah Atas, realme 7 Pro vs vivo V20

Untuk daya tahan, realme berani mengatakan smartphone realme 7 Pro telah lulus verifikasi tahan uji TUV Rheinland. Mereka mengatakan, Verifikasi Tahan Uji Smartphone TUV Rheinland berisi 23 pengujian utama dan 72 pengujian kecil, yang mencakup banyak skenario penggunaan umum. Pada intinya realme telah meningkatkan uji kualitas untuk lebih meningkatkan keandalan handphone dipakai sehari-hari.

Layar
Kedua smartphone sudah menggunakan panel layar Super AMOLED yang ukurannya juga terbilang sama yaitu 6,4 inci. Resolusinya juga sama yaitu Full HD+ dengan angka 1080 x 2400 piksel. Kesamaan ini berlanjut di tingkat refresh rate sebesar 60Hz dan kerapatan piksel sama-sama di kisaran 400ppi dan keberadaan kamera selfie in-display.

Perbedaan di sisi layar adalah vivo V20 menggunakan model poni sementara realme 7 Pro menggunakan layar punch-hole dengan sebuah kamera depan tertanam dalam layar.

Performa
Baik realme 7 Pro dan vivo V20 sama-sama menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon seri 7. Hanya realme 7 Pro mengusung jenis Snapdragon 720G dan v20 dengan Snapdragon 765G. Ini menyebabkan keduanya memiliki kekuatan komputasi yang mirip-mirip.
Duel Maut Ponsel Baru di Segmen Menengah Atas, realme 7 Pro vs vivo V20

Chipset tersebut turut dilengkapi dengan GPU Adreno 618 untuk realme 7 Pro dan Adreno 620 untuk vivo V20. Jadi jika mencari pemenang, V20 sedikit lebih unggul ketimbang realme 7 Pro tapi tidak signifikan.

Dalam urusan memori, realme 7 Pro hadir dengan kombinasi RAM 8 GB dan memori 128 GB, vivo V20 juga hadir dengan kombinasi RAM dan storage 8 GB + 128 GB. Tipe memori storage keduanya sudah cukup mutakhir dengan UFS 2.1. Lebih baiknya lagi keduanya telah mendukung tambahan memori eksternal berjenis microSD.
Duel Maut Ponsel Baru di Segmen Menengah Atas, realme 7 Pro vs vivo V20

Dari segi software, keduanya juga mumpuni dengan jaminan sistem operasi yang update. Di mana vivo V20 langsung menggunakan FunTouch OS 11 berbasiskan Android 11 out of the box.

Sedangkan realme 7 Pro menggunakan realme UI 1 berbasis di Android 10, dengan jadwal update ke realme UI 2 berbasis Android 11 menyusul dalam waktu dekat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)