Penerapan Integrated GRC Dorong Kinerja Bisnis Berkelanjutan

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 12:29 WIB
loading...
Penerapan Integrated GRC Dorong Kinerja Bisnis Berkelanjutan
Ilustrasi penelitian. FOTO/ Ist
A A A
CALIFORNIA - Kalangan bisnis di Tanah Air, utamanya perusahaan, terus didorong untuk menerapkan Governance, Risk (Manajemen Risiko), dan Compliance (Manajemen Kepatuhan) yang terintegrasi, atau Integrated GRC, dengan baik. Baca juga: Resmi, Ini Harga PlayStation 5 dan Jadwal Rilisnya )

Penerapan Integrated GRC dapat mendukung pencapaian kinerja bisnis perusahaan yang berkelanjutan dan pemulihan ekonomi nasional di saat Pandemi Covid-19 saat ini. Demikian, salah salah temuan dari ajang TOP GRC Awards 2020 yang digelar di Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2020 secara virtual.

TOP GRC Awards 2020 adalah ajang penghargaan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Majalah TopBusiness bekerjasama dengan Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Irmapa (Indonesia Risk Management Professional Association), ICopi (Institute of Compliance Professional Indonesia), serta didukung oleh sejumlah institusi lainnya. BACA JUGA - Simpanan Pejabat dan TNI, Land Cruiser Pernah Dibikin di Priok

TOP GRC Awards adalah kegiatan penghargaan di bidang Governance (GCG), Risk (Manajemen Risiko), dan Compliance (Manajemen Kepatuhan), yang terbesar dan paling komprehensif di Indonesia.

Melalui kegiatan TOP GRC Awards ini, diharapkan semakin banyak perusahaan di Tanah Air yang menerapkan Principled Performance (atau Kinerja Berprinsip) dalam GRC-nya, dimana dalam upaya pencapaian kinerja perusahaan, manajemen melaksanakan tata kelola yang baik, mempertimbangkan risiko-risiko yang berkembang, serta menjalankannya secara berintegritas.
Penerapan Integrated GRC Dorong Kinerja Bisnis Berkelanjutan

Sejumlah perusahaan terkemuka yang berhasil meraih penghargaan TOP GRC Awards 2020, diantaranya adalah Indonesia Power, Jasa Raharja, PTBA, CIMB Niaga, JIEP Pulogadung, KSO Terminal Petikemas Koja, PT PLN Batam, Pertamina Bina Medika-IHC, Waskita Karya, IPC Terminal Petikemas, Lintasarta, Waskita Realty dan Jasa Armada Indonesia. Sejumlah perusahaan terbaik lainnya dari berbagai industri juga berhasil meraih penghargaan bergengsi ini.

Dewan Juri menilai para peraih TOP GRC Awards sebagai perusahaan yang telah menerapkan GRC dengan baik untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara berkelanjutan.

Dalam keynote speech-nya, Dwi Wahyu Atmaji, Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, yang juga Ketua Umum Asosiasi Sekretaris Jenderal Kementerian dan Lembaga Non Kementerian mengatakan kegiatan TOP GRC Awards selaras dengan Kebijakan Kementerian dan Lembaga dalam meningkatkan keseimbangan antara Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Peningkatan Kesehatan Masyarakat. Dengan implementasi GRC yang baik dan efektif, maka perusahaan-perusahaan di Indonesia akan dapat terus tumbuh, sehingga tetap mampu menopang program pemulihan ekonomi nasional dan program kesehatan masyarakat di masa Pandemi Covid-19 ini.
Penerapan Integrated GRC Dorong Kinerja Bisnis Berkelanjutan


Ketua Dewan Juri TOP GRC Awards 2020, Antonius Alijoyo, menjelaskan kegiatan TOP GRC Awards 2020 memiliki arti penting untuk mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia, agar kinerja bisnisnya, dapat terus tumbuh secara berkelanjutan, dengan didasari pada penerapan prinsip-prinsip Good Governance, Risk Management, dan Compliance Management.
Terlebih, di masa Pandemi COVID-19 ini, peranan GRC semakin penting bagi banyak perusahaan, di tengah ketidakpastian lingkungan bisnis dan ekonomi. “Dengan implementasi GRC yang baik, semoga perusahaan-perusahan tersebut dapat melewati masa-masa sulit, dengan baik,” kata Anton.

Nilai strategis dari kegiatan TOP GRC Awards 2020 ini, diantaranya adalah, adanya upaya dari semua pemangku kepentingan, untuk bersama-sama dan secara terus-menerus, berusaha meningkatkan kuantitas dan kualitas implementasi GRC perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Dengan semakin tinggi dan efektifnya implementasi GRC, maka bisnis perusahaan akan tetap aman dan tumbuh dengan baik, sehingga kepercayaan masyarakat dan investor, baik dari dalam dan luar negeri, akan meningkat pula.

“Ini berarti, melalui kegiatan TOP GRC Awards ini, kita semua ikut berperan aktif dalam program pemerintah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), serta membantu perekonomian masyarakat untuk tetap berjalan, dalam menghadapi masa-masa sulit pandemi Covid-19,” tambah Anton.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)