Festival Belanja Online Rasantara Libatkan Ratusan UMKM Makanan dan Minuman

Kamis, 15 Oktober 2020 - 22:28 WIB
loading...
Festival Belanja Online Rasantara Libatkan Ratusan UMKM Makanan dan Minuman
Para pengunjung dapat mengikuti Live Streaming Festival Belanja Online Rasantara yang akan hadir selama empat hari. Yakni, mulai tanggal 29 Oktober hingga 1 November 2020. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sektor bisnis makanan dan minuman pada usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM ) ikut terdampak pandemik COVID-19. Imbasnya berupa penurunan pembelian secara drastis hingga terpaksa tutup total lantaran turunnya daya beli masyarakat sebagai dampak maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK), pemotongan gaji karyawan, serta penerapan belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah.

Pandemik ini juga mengubah perilaku belanja masyarakat. Konsumen menjadi semakin banyak memanfaatkan layanan online untuk memenuhi kebutuhan dan mengurangi kontak langsung secara fisik. (Baca juga: Bantu Serap Produk UMKM, Kemendag Gandeng 3 Perusahaan )

Hal ini terbukti dari hasil riset pada Februari 2020 yang menunjukan peningkatan aktivitas belanja online sebesar 32%. Oleh karena itu, pelaku UMKM harus merespons dampak perubahan tersebut dengan tepat agar usahanya dapat bertahan hingga pandemik berakhir.

Kondisi memprihatinkan ini direspons Kementerian Koperasi dan UKM bersama Shopee mengadakan even khusus. Acara tersebut bertujuan meningkatkan penjualan para produsen, pengusaha, dan penjual produk fashion di Indonesia.

Tercatat sebanyak 100 UMKM sub sektor makanan dan minuman kemasan juga ikut ambil bagian dalam acara ini. Jumlah pesertanya merupakan hasil kurasi dari ribuan UMKM yang terdaftar di Kemenkop dan UKM.

“Saya yakin UMKM makanan dan minuman akan tetap survive di tengah pandemi. Hanya mereka harus cepat beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen saat ini. Lewat penjualan online, saya yakin bisnis UMKM makanan dan minuman tetap dicari. Itu juga yang menjadi tujuan acara ini, yakni membantu para pengusaha dan brand makanan serta minuman lokal meningkatkan penjualan online-nya,” kata Victoria br. Simanungkalit, Deputi bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Kopersi dan UKM.

Acara yang diberi titel Rasantara (diambil dari gabungan kata Rasa dan Nusantara) ini merupakan even Festival Belanja Online yang akan digelar mulai 19 Oktober-9 November 2020.

Selain akan menjadi ajang belanja online, acara Festival Belanja Online Kemenkop ini juga mengangkat berbagai macam sesi live streaming berupa NGOBROL bersama narasumber yang terdiri dari pakar, dan pelaku UMKM makanan dan minuman kemasan.

Dan untuk menambah maraknya acara, pada Festival Belanja Online Rasantara akan digelar juga sesi live streaming NGOBRAL. Ini menjadi momen belanja dengan potongan harga atau gratis ongkir.

Para pengunjung dapat mengikuti Live Streaming Festival Belanja Online Rasantara yang akan hadir selama empat hari. Yakni, tanggal 29 Oktober hingga 1 November 2020.

Selamat berbelanja di Festival Belanja Online Rasantara! (Baca juga: Jarang Terjadi, AnTuTu sebut Bionic A14 Kalah Hebat dari Snapdragon 865 Plus )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6837 seconds (0.1#10.140)