Korea Selatan Melawan Tekanan AS untuk Haramkan Teknologi 5G Huawei

Kamis, 15 Oktober 2020 - 23:13 WIB
loading...
Korea Selatan Melawan Tekanan AS untuk Haramkan Teknologi 5G Huawei
Korea Selatan masih menolak tekanan AS untuk membersihkan jaringannya dari teknologi Huawei 5G. Foto/Ist
A A A
SEOUL - AS dan China telah berselisih karena berbagai masalah. Mempertimbangkan akses ke informasi yang dimiliki perusahaan teknologi, Huawei telah menjadi sorotan AS sejak lama. (Baca juga: Huawei Bakal Jual Honor ke Xiaomi? )

Pemerintah AS yakin data apa pun dengan Huawei tidak aman. Administrasi Donald Trump juga percaya mereka sepenuhnya di bawah kendali Pemerintah Komunis China.

Untuk tujuan ini, mereka telah melarang Huawei dari pembangunan jaringan 5G-nya. Selain itu, Gedung Putih juga menggunakan pengaruh globalnya untuk meyakinkan negara lain agar ikut melarang Huawei bercokol di negaranya. Meskipun banyak negara yang benar-benar melarang Huawei, masih banyak yang tidak percaya keputusan AS.

Peralatan Huawei 5G
Menurut laporan media Korsel, seorang diplomat Korsel mengungkapkan hal itu di pertemuan Korsel-AS yang kelima. Dialog ekonomi strategis yang diadakan pada 14 Oktober, pihak AS menegaskan kembali rencana "jaringan bersih" yang diusulkan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, atas nama risiko keamanan nasional, untuk menekan Korea Selatan agar berhenti menggunakan peralatan 5G Huawei dan perusahaan teknologi China lainnya. .

Sebelumnya, AS telah memasukkan Korea Telecom dan SK Telecom, dua operator telekomunikasi besar di Korea, dalam daftar yang disebut "perusahaan telekomunikasi bersih" yang tidak menggunakan peralatan Huawei. Itu juga mengharuskan LG Uplus, operator lain, untuk berhenti menggunakan peralatan Huawei secepat mungkin.

AS Masih Tekan Korea Selatan
Namun, pejabat Korea Selatan tersebut menanggapi dengan mengatakan, pilihan peralatan dan teknologi yang digunakan oleh operator telekomunikasi adalah milik perusahaan. Karena itu, pemerintah Korea Selatan tidak akan mencampuri keputusan perusahaan swasta. (Baca juga: Jarang Terjadi, AnTuTu sebut Bionic A14 Kalah Hebat dari Snapdragon 865 Plus )

Pejabat itu mengatakan, dia telah menjelaskan posisi dasarnya ke AS. Diskusi tersebut melibatkan kebutuhan untuk memiliki "jaringan yang bersih". Namun, dia menegaskan kembali bahwa permintaan AS untuk pengecualian perusahaan tertentu bukanlah bagian dari pembicaraan.

Pada 28 Juli, Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha, telah menyatakan Korea Selatan akan “menjaga keterbukaan strategis sambil bekerja untuk menjaga keamanan teknologi” di sektor teknologi.

Namun beberapa diplomat Korsel mengatakan masih "bisa diperdebatkan" berapa lama posisi Korsel bisa bertahan. (Baca juga: Gatot Nurmantyo dan Din Syamsuddin Tak Diizinkan Jenguk Syahganda Nainggolan dkk )

Giz China melaporkan, Korea Selatan tidak akan menjadi negara pertama yang tidak ingin mengganggu peralatan yang digunakan operator. Ingat, Inggris pada awalnya tidak ingin ikut campur. Namun, akhirnya tunduk pada tekanan AS dan melarang Huawei.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.4036 seconds (0.1#10.140)