Sadarkah Anda Ada yang Aneh Pada Semua Model iPhone 12?

loading...
Sadarkah Anda Ada yang Aneh Pada Semua Model iPhone 12?
Tampak bagian aneh dari iPhone 12 yang beredar di AS. Perusahaan menyebut ini adalah bagian dari antena untuk menangkap gelombang 5G. Foto/Phone Arena
JAKARTA - Anda mungkin melewatkan sedikit detail selama peluncuran seri iPhone 12kemarin. Apple mengumumkan total empat iPhonebaru, dan meskipun benar-benar menakjubkan untuk dilihat, detail kecil yang belum pernah kita lihat diiPhone cukup menarik perhatian. (Baca juga: Caroline Suh Sebut Akan Ada Sekuel BLACJPINK: Light Up The Sky)

Di sana, di sisi kanan setiap iPhone 12 baru, di bawah tombol daya, ada bagian kecil yang terlihat seperti baki SIM tetapi sebenarnya bukan. Warna atau hasil akhirnya cukup kontras dengan bingkai logam ponsel lainnya. Jadi, ini menimbulkan pertanyaan...

Laman Phone Arena melaporkan, pada awalnya mereka bingung, karena memang terlihat seperti benda kecil tempat Anda memasang Apple Pencil 2 ke iPad Pro. Namun, karena Apple tidak menyebutkan apa pun tentang dukungan Pensil pada iPhone 12, kita pikir itu bukan jawasan yang bagus.

Teori on dan off-line menyebutkan itu ada hubungannya dengan antena 5G. Ingat seri iPhone 12 adalah iPhone pertama dengan dukungan 5G.



Publik seluler tidak yakin persis apa tujuannya, tapi masuk akal untuk memiliki semacam peran sehubungan dengan membiarkan gelombang udara supercepat itu bergerak dengan bandwidth yang dibutuhkan melalui bingkai logam ponsel. Teori itu menguat ketika kita menemukan gambar-gambar iPhone 12 yang ditemukan di toko-toko Apple di luar Amerika Serikat tidak memiliki detail kecil itu.

Dan, ternyata versi ponsel untuk pasar non-AS tidak akan mendukung band mmWave 5G. Dan misteri ini pun sebagian besar terpecahkan.

Hari ini, The Verge's Nilay Patel juga membagikan di Twitter bahwa dia telah menerima konfirmasi bahwa bagian kecil di samping semua model iPhone 12 berfungsi sebagai jendela untuk antena mmWave.

Spektrum mmWave berada di ujung atas rentang frekuensi tempat 5G dirancang untuk beroperasi. Transfer data menggunakan spektrum mmWave dapat menghasilkan kecepatan tercepat, tetapi gelombang cenderung sangat mudah diblokir.



Dugaannya mengapa perlu ada potongan plastik kecil di bingkai logam iPhone 12 -untuk membantu transfer data menggunakan gelombang milimeter. (Baca juga:Apple iPhone 12 Pro dan Pro Max Resmi Meluncur, Spesifikasi Menggiurkan)
(iqb)
KOMENTAR ANDA
preload video
Top