Google Akan Pindahkan Hangouts ke Chat Mulai Tahun Depan

loading...
Google Akan Pindahkan Hangouts ke Chat Mulai Tahun Depan
Ilustrasi Google. FOTO/ Ist
MOUNTAIN VIEW - Google secara resmi akan mentransisikan pengguna dari Google Hangouts ke Google Chat mulai tahun depan. (Baca juga: Jarak Lebih Dekat Dibanding Bulan, Asteroid Ini Melintasi Bumi secara Aman)

Sebagai bagian dari perubahan tersebut, Chat, layanan perpesanan yang sebelumnya hanya tersedia untuk pelanggan berbayar Google Workspace (saat ini bernama G Suite), akan menjadi layanan gratis yang tersedia dalam Gmail dan aplikasi mandiri.

Sebelum Hangouts dihilangkan, beberapa fiturnya akan mulai ditiadakan. (Baca juga: Nikita Willy Indra Priawan Nikah, Mas Kawinnya Emas 75 Gram Bertahta Berlian)

Dilansir dari The Verge, Sabtu (17/10/2020), transisi dari Hangouts ke Chat akan dimulai pada paruh pertama 2021, ketika Google menawarkan alat untuk memindahkan percakapan Hangouts, kontak, dan riwayat percakapan pengguna ke Chat secara otomatis.



Tidak jelas langkah apa yang diperlukan untuk melakukan migrasi tersebut, tetapi Google mengatakan akan membagikan panduan ke pengguna.

Perpindahan dari Hangouts ini tidak sepenuhnya mendadak, Google telah mengatakan pada Desember 2018 bahwa pihaknya berencana untuk memigrasi pengguna Hangouts ke Chat dan Meet.

Peralihan dari Hangouts ke Chat akan dilakukan secara bertahap, dan akan ada periode waktu ketika kedua layanan perpesanan tersebut masih tersedia.



Akhirnya, semua pengguna gratis dan pelanggan Workspace akan dipindahkan ke Chat. Setelah selesai, Chat akan menggantikan Hangouts sepenuhnya.

Google mengatakan Chat tidak hanya menawarkan fitur seperti percakapan langsung dan grup yang mungkin sudah ada di Hangouts, tetapi juga memungkinkan pengguna merencanakan dan berkolaborasi dengan orang lain secara lebih mudah.

Google juga mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menghapus beberapa fitur Hangouts tertentu. Bagi para pengguna Google Fi, Google akan berhenti mengizinkan Anda mengelola SMS dan panggilan telepon dari Hangouts pada mulai awal tahun depan.
(wbs)
KOMENTAR ANDA
preload video
Top