Kirana Nusantara Jadi Ajang Berdayakan UMKM Kesehatan dan Kecantikan

loading...
Kirana Nusantara Jadi Ajang Berdayakan UMKM Kesehatan dan Kecantikan
Selama pandemik COVID-19, produk kecantikan mencatatkan rekor penjualan online 40-50 juta per unit selama April-Juni 2020. Sementara produk kesehatan terkerek 3 kali lipat dibanding sebelumnya. Foto/Ist
JAKARTA - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menjalankan bisnisnya secara onlinemengalami kenaikkan di tengah badai pandemik COVID-19. Hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku belanja konsumen pada masa PSBB. (Baca juga: Sandi Harap UMKM Berkembang Usai Disahkannya UU Cipta Kerja)

Selama menjalankan aktivitas di rumah saja, konsumen banyak memilih berbelanja online demi menjaga jarak dengan orang luar, serta menghindari kerumunan. Jenis barang yang dibeli pun merupakan produk kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman, alat-alat penunjang kebutuhan bekerja dan sekolah di rumah, produk kecantikan untuk perawatan penampilan selama masa PSBB, serta produk kesehatan guna meningkatkan imunitas tubuh.

Tak heran selain makanan, produk kesehatan dan kecantikan menjadi produk yang dicari dalam daftar belanja online masyarakat. Produk kecantikan mencatatkan rekor penjualan online 40-50 juta per unit selama April-Juni 2020. Sementara produk kesehatan terkerek 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Melihat hal ini, Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM bekerja sama dengan Shopee mengadakan even yang bertujuan meningkatkan penjualan para produsen, pengusaha, dan penjual produk kesehatan dan kecantikan di Tanah Air. Tercatat sebanyak 100 UMKM sub sektor kesehatan dan kecantikan ikut ambil bagian dalam acara ini.



Jumlah UMKM ini merupakan hasil kurasi dari ribuan UMKM yang terdaftar di Kemenkop dan UKM. “Pelaku UMKM di sub sektor kesehatan dan kecantikan adalah contoh konkret sebuah bisnis bisa bertahan di masa pandemi. Dengan memanfaatkan momentum dan kebutuhan konsumen, bisnis akan tetap lancar lewat online. Lewat acara ini, Kemenkop juga menegaskan dukungan kami terhadap seluruh UMKM di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya secara online ,” kata Victoria br. Simanungkalit, Deputi bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM.

Acara yang diberi titel Kirana Nusantara tersebut, merupakan even Festival Belanja Online yang akan digelar mulai 19 Oktober-9 November 2020. Adapun pemilihan nama Kirana, diambil dari bahasa sansekerta yang memiliki arti menawan, cantik, bersinar, karena cantik luar dan dalam.

Selain akan menjadi ajang belanja online, acara Festival Belanja Online Kemenkop ini juga mengangkat berbagai macam sesi live streaming. Berupa "NGOBROL" bersama narasumber yang terdiri dari pakar, dan pelaku UMKM kesehatan dan kecantikan.



Dan untuk menambah maraknya acara, pada Festival Belanja Online Adiwarna Nusantara akan digelar juga sesi live streaming NGOBRAL, yang menjadi momen belanja dengan potongan harga atau gratis ongkir.

Para pengunjung dapat mengikuti live streaming Festival Belanja Online Kirana Nusantara yang akan hadir selama empat hari, yakni 5-8 November 2020. (Baca juga: Sibak Rahasia Tata Surya, NASA Jalani Mission Impossible Comot Batu Asteroid)
(iqb)
KOMENTAR ANDA
Top