Mark Zuckerberg Disebut Biang Kerok Dibalik Permusuhan Trump dengan TikTok

Minggu, 18 Oktober 2020 - 21:30 WIB
loading...
Mark Zuckerberg Disebut Biang Kerok Dibalik Permusuhan Trump dengan TikTok
CEO Facebook, Mark Zuckerberg, dilaporkan meminta Pemerintah AS menyelidiki peaingannya, termasuk TikTok dan Apple. Foto/Ist
A A A
MENLO PARK - Mark Zuckerberg disebut menggelar pertemuan dengan pemimpin politik seperti Donald Trump , menantu laki-laki Trump, Jared Kushner, dan lainnya. Dalam pertemuan itu, CEO Facebook dilaporkan mendesak Pemerintah AS menyelidiki pesaingnya, antara lain TikTok dan Apple . (Baca juga: Kecewa dengan Mark Zuckerberg, Para Seleb dari Kim Kardashian hingga Leonardo Dicaprio Bekukan Akun Instagram dan Facebook )

Zuckerberg Ingin Pemerintah AS Lebih Mengawasi Apple
Facebook berada di bawah tekanan atas dugaan pelanggaran antitrust dan dikritik karena memungkinkan informasi yang salah. Plus teori konspirasi yang disebarluaskan di platform-nya.

Terlepas dari keluhan tersebut, Facebook terus tumbuh dengan kuat karena pendapatan tahunan melonjak dari kurang dari USD28 miliar pada 2016 menjadi lebih dari USD70 miliar tahun lalu.

Laman Phone Arena melaporkan, hubungan Zuckerberg dengan Kushner sering kali mengarah ke topik kebijakan Facebook. Mereka yang akrab dengan pembicaraan tersebut, mengatakan, eksekutif Facebook bertemu dengan menantu Presiden dan Menteri Keuangan, Steven Mnuchin, untuk membahas operasi TikTok di AS.

Namun pembahasan itu dibantah Facebook. Seorang Juru Bicara Facebook membantah mereka terlibat dalam Perintah Eksekutif Presiden Donald Trump yang menuntut induk TikTok, ByteDance, melepaskan diri dari operasinya di AS.

Jika ini tidak dilakukan pada batas waktu bulan depan, aplikasi video pendek tersebut akan dilarang di semua negara bagian AS. "Setiap sindiran yang (Zuckerberg) mendorong pemerintah untuk melarang TikTok adalah salah," ujar Juru Bicara Facebook.

Perusahaan lain yang dikabarkan akan diincar Facebook adalah Apple. Sekali lagi, ada sumber yang mengklaim mengetahui apa yang terjadi di balik layar dan orang-orang ini mengatakan, Zuckerberg mengeluh kepada pejabat Pemerintah AS bahwa Apple tidak harus berurusan dengan jumlah pengawasan yang sama seperti yang dilakukan Facebook, meskipun sistem operasi Apple seperti macOS, iOS dan iPadOS digunakan oleh banyak orang Amerika. (Baca juga: DxOMark: Kamera iPhone 12 Pro Max Masih Kalah dari Huawei P40 Pro )

Facebook saat ini adalah salah satu dari empat perusahaan teknologi, termasuk Apple, induk Google -Alphabet, dan Amazon yang sedang diperiksa oleh Kongres karena melanggar peraturan antitrust (antimonopoli) tertentu. Dalam kasus Facebook, perusahaan mungkin diminta untuk memecah grup media sosial gabungan yang telah dibangunnya yang terdiri dari Facebook, Messenger, WhatsApp, dan Instagram.

Bulan lalu, Zuckerberg menolak untuk mengatakan dengan tegas bahwa Apple App Store adalah monopoli meskipun dia menyatakan, "Yah, saya yakin mereka memiliki kendali sepihak atas apa yang ada di ponsel dalam hal aplikasi. Saya pikir itu mungkin sekitar 50% orang Amerika yang memiliki ponsel pintar, dan lebih banyak orang di seluruh dunia. Menurut saya ada lebih dari satu miliar perangkat Apple. Jadi menurut saya ada pertanyaan yang harus diperhatikan orang tentang kontrol App Store dan apakah itu memungkinkan sekuat dinamika persaingan."

Melalui siaran web, Zuckerberg, mengatakan, tentang Apple bahwa mereka "memblokir inovasi, memblokir persaingan" dan "memungkinkan Apple mengenakan biaya sewa monopoli".

Pendiri Facebook tidak memiliki masalah dengan Google dan Google Play Store karena pengguna Android tidak terkunci di Play Store untuk membeli aplikasi. Seperti yang dikatakan Zuckerberg, "Sebagai pengembang, jika Anda tidak berada di Google Play Store, setidaknya Anda masih memiliki cara untuk mendapatkan aplikasi Anda di perangkat orang. Dan itu berarti bahwa orang tidak akan sepenuhnya ditutup jika mereka sedang melakukan sesuatu yang tidak disukai Google. Saya rasa itu sangat penting, bahwa orang memiliki cara untuk membuat sesuatu dan mendapatkannya di perangkat jika diinginkan."

Beberapa orang mengatakan, alasan sebenarnya mengapa Zuckerberg kesal dengan Apple berkaitan dengan perubahan privasi yang diluncurkan Apple dengan iOS 14 yang membuat pelacakan iklan lebih sulit. Melacak iklan memungkinkan merek untuk menentukan seberapa menarik iklan tertentu dengan konsumen yang melihatnya. Informasi ini dapat membantu Facebook menjual ruang iklan ke beberapa perusahaan. (Baca juga: Operasi Yustisi Tak Buat Jera, Warga Gunung Sindur Bogor Masih Abai Protokol Kesehatan )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3199 seconds (0.1#10.140)