Zoom Siapkan Sistem Keamanan Enkripsi End-To-End

Senin, 19 Oktober 2020 - 07:32 WIB
loading...
Zoom Siapkan Sistem Keamanan Enkripsi End-To-End
Aplikasi zoom. FOTO/ Ist
A A A
CALIFORNIA - Zoom mengumumkan akan menghadirkan sistem keamanan enkripsi end-to-end (E2EE) pada aplikasinya. Sistem keamanan ini rencananya mulai digunakan pada Senin, (19/10/2020). BACA JUGA- Nih! Teknologi dan Mesin yang Dipakai di Suzuki Hayabusa 2021

Max Krohn, Head of Securty Engineering Zoom, menjelaskan, fitur keamanan ini bisa dinikmati oleh pengguna gratis maupun berbayar. BACA JUGA - Supercar Jepang hingga Eropa Ampun-Ampunan Kejar Suzuki Hayabusa

"Enkripsi end-to-end (E2EE) Zoom akan tersedia sebagai versi 'technical preview', yang berarti kami meminta masukan dari pengguna untuk 30 hari pertama," kata Krohn, dikutip dari VentureBeat, Minggu (18/10/2020). BACA JUGA - Tak Mau Nyerah sepert RX King, Suzuki Siapkan Hayabusa 2021

Ketika tersedia, host dalam sebuah konferensi dapat mengaktifkan keamanan ini untuk akun maupun grup. Konferesi virtual yang dilindungi E2EE nantinya bakal bisa dilihat dengan mudah di tampilan utama Zoom.

Jadi, pada bagian atas jendela utama, misalnya, pengguna bisa melihat kalimat End-to-end Encrypted, yang berarti sesi virtual Zoom sudah terlindungi dengan fitur E2EE.

Pengguna juga bakal bisa melihat ikon berbentuk tameng berwarna hijau di pojok kiri atas tampilan Zoom. Jika di-klik, pengguna bakal diperlihatkan dengan sederet kode enkripsi yang tersimpan secara lokal di mesin pengguna.

Sebelum menggunakan fitur E2EE, pengguna diharuskan untuk memverifikasi akunnya dengan nomor telepon. Fitur tersebut juga harus dinyalakan terlebih dahulu di menu pengaturan, karena secara default fitur ini tidak aktif.

Enkripsi end-to-end sendiri adalah teknologi keamanan yang memastikan keamanan komunikasi antara dua pihak atau lebih. Sistem keamanan ini membuat pesan hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerima konten.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7171 seconds (0.1#10.140)