Latihan Penyelamatan, Mobil Seharga Rp1,3 Miliar Dihancurkan

Senin, 19 Oktober 2020 - 09:48 WIB
loading...
Latihan Penyelamatan, Mobil Seharga Rp1,3 Miliar Dihancurkan
Ford Mustang Shelby GT500 keluaran terbaru dibuat hancur lebur untuk latihan penyelamatan. Foto / Dearbon Fire Dept
A A A
JAKARTA - Petugas pemadam kebakaran Dearborn, Amerika Serikat baru-baru ini menggelar latihan penyelamatan yang menegangkan. Dalam latihan tersebut mereka diwajibkan menghancurkan mobil yang sangat istimewa, Ford Mustang Shelby GT500.

Mobil yang dikenal sebagai mobil otot khas Amerika Serikat itu memang sangat legendaris. Harganya pun fantastis yakni USD95.000 atau setara Rp1,37 miliar. "Mereka hampir menangis karena harus menghancurkan mobil itu," tulis akun Facebook resmi dari Dearborn Fire Department. (Baca juga : Wow, Kini Anak-anak Punya Dealer Mobil Mewah Mainan )

Dalam keterangannya, Dearbon Fire Department mengatakan setiap minggu petugas kebakaran Dearbon melakukan latihan. Latihan kali ini istimewa karena mereka harus mempelajari bagaimana caranya menyelamatkan pengemudi mobil yang mengalami kecelakaan dan harus segera dikeluarkan dari dalam mobil.

Kebetulan untuk latihan itu, Dearborn Fire Department mendapatkan dukungan dari Ford Motor Company, yang mengirimkan mobil mereka sebagai kelinci percobaan. Uniknya Ford justru mengirimkan mobil yang sangat istimewa yakni Ford Mustang Shelby GT500

Latihan Penyelamatan, Mobil Seharga Rp1,3 Miliar Dihancurkan
.

Mobil ini dilengkapi dengan mesin V8 dengan kapasitas silinder 5,2 liter plus teknologi induksi, supercharged. Mesin itu mampu mengail tenaga sebesar 760 daya kuda dan torsi maksimal 625 lb-ft. "Terima kasih atas dukungannya Dennis Lark dan Ford Motor Co," tulis Dearborn Fire Department.

Pelatihan penyelamatan ini memang sangat penting mengingat banyaknya peristiwa kecelakaan yang melibatkan mobil berakhir tragis karena pengemudi dan penumpang tidak bisa dikeluarkan dari mobil. Salah satu peristiwa yang pernah jadi sorotan adalah peristiwa kecelakaan yang dialami oleh aktor Paul Walker dan Roger Rodas yang meninggal pada 2013 karena kecelakaan mobil Porsche Carrera GT 2005. (Baca juga : Potensi Terbakar Jadi Kiamat Sugro Buat Mobil Listrik )

Saat itu otopsi mengatakan keduanya meninggal karena mengalami cedera parah dan luka bakar akibat tak bisa dikeluarkan dari mobil. (wahyu sibarani)
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2495 seconds (0.1#10.140)