Startup Weekend Indonesia Bantu Anak Muda Mengadaptasi Teknologi

Senin, 19 Oktober 2020 - 12:53 WIB
loading...
Startup Weekend Indonesia Bantu Anak Muda Mengadaptasi Teknologi
Startup Weekend Indonesia dihadiri 1.000-an mahasiswa di 10 kota di Indonesia yang dirangkul BCA dari 20 universitas lebih. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mendukung adanya transformasi digital untuk turut memajukan ranah ekonomi digital di Indonesia. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda , BCA mendukung adanya penyelenggaraan Startup Weekend Indonesia, suatu program yang memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk mengadaptasi teknologi, inovasi, dan mengatasi tantangan global. (Baca juga: Juarai FSI MMXX, 3 Startup Kuliner Ini Dapat Insentif Pemerintah dan Suntikan Dana Investor )

Kendati dalam kondisi pandemik COVID-19, rangkaian acara pertama The NextGen Orientation Day Startup Weekend Indonesia dilaksanakan secara virtual di Jakarta pada Kamis kemarin. Acara ini menghadirkan Direktur BCA Hendra Lembong sebagai panelis bersama dengan Lalitha Wemel, Regional Director APAC, Community at Techstars.

“Tidak dapat dipungkiri kini pertumbuhan startup di Indonesia semakin berkembang pesat. Anak-anak muda zaman now pun sudah semakin banyak yang mempunyai capability dalam menginisiasi startup yang akan dijalankan, bahkan sekarang sudah sampai skala nasional," kata Hendra.

Program ini, lanjut dia, tidak hanya membantu anak-anak muda dalam mengasah soft skill dan hard skill-nya, namun juga sekaligus memberi harapan untuk mereka dalam mewujudkan startup impiannya.

Dalam sesinya, Hendra mengutarakan, kunci sukses sebuah startup dimulai dari hal kecil, yakni berupa keingintahuan akan permasalahan yang ada di sekitar. Dalam mengadaptasi teknologi yang ada sekarang, generasi penerus harus aware terhadap berbagai issue serta kebutuhan lingkungan sekitar. Sehingga bisnis berbasis teknologi tersebut tidak akan hanya melahirkan keuntungan semata, tapi juga membawa manfaat bagi orang banyak.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 1.000 mahasiswa di 10 kota di Indonesia, mencakup Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Yogyakarta, Banjarmasin, Manado, Pekanbaru, Batam, dan Bali dengan merangkul lebih dari 20 universitas.

Melalui program yang ada, dia menambahkan, selain menciptakan masa depan yang lebih baik, tentu diharapkan juga bagi anak muda akan terciptanya kreativitas, ketangkasan, ketahanan, dan rasa empati yang tinggi. (Baca juga: Bisnis Seluler Berantakan, Huawei Ambil Ancang-ancang Tantang Tesla )

“Saya berharap, melalui program Startup Weekend Indonesia ini, startup-startup yang tengah diinisiasi oleh anak-anak muda ini ke depannya mampu bersaing secara global dan memberikan nilai tambah di tengah tumbuhnya digitalisasi Indonesia, sesuai dengan semangat Sumpah Pemuda,” pungkas Hendra.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4422 seconds (0.1#10.140)